Perang Armenia-Azerbaijan, Turki Kirim F-16, Armenia Ancam Gunakan Rudal Iskandar

Pada tanggal 29 September, langkah maju militer Azerbaijan di wilayah Nagorno-Karabakh ditahan oleeh pertahanan Armenia. Di beberapa titik, pasukan Armenia memilih mundur dari beberapa posisi di daerah Talish dan timur Fuzuli.

Militer Azerbaijan telah berhasil menggunakan drone tempur dan artileri untuk menghancurkan posisi dan peralatan militer Armenia, tetapi infanteri mekanis Azerbaijan tidak dapat maju lebih jauh.

Sementara kedua belah pihak mengklaim bahwa mereka melenyapkan banyak apsukan musuh dan memperoleh keuntungan yang signifikan, situasi posisi sebenarnya di lapangan masih sama sebelum perang dimulai, keuntungan kecil yang berhasil dicapai oleh pasukan Azerbaijan.

Sumber-sumber Armenia menyebutkan bahwa 370 tentara Azerbaijan tewas dan lebih dari 1.000 terluka. Jumlah pejuang Armenia yang tewas, menurut sumber Azerbaijan, lebih dari 1.000. Sumber-sumber Armenia juga mencatat peran penting tentara bayaran Turki asal Suriah di dalam konflik.

Presiden Armenia Armen Sarkissian mengatakan bahwa Turki telah membantu Azerbaijan, tentara bayaran asal Suriah dan bahkan jet tempur F-16. Ia menambahkan, penyelesaian konflik Nagorno-Karabakh masih dimungkinkan melalui dialog.

Namun, Presiden menegaskan bahwa bangsa Armenia tidak bisa membiarkan kembali ke masa lalu.
“105 tahun yang lalu, Kekaisaran Ottoman Turki melakukan genosida terhadap orang-orang Armenia. Kami tidak akan membiarkan genosida ini terulang kembali, ”kata Sarkissian.

Armenia mengancam akan menggunakan sistem rudal balistik jarak pendek Iskander yang diperoleh dari Rusia terhadap target Azerbaijan jika pesawat tempur F-16 Turki digunakan di medan perang.

Sementara itu, Duta Besar Armenia untuk Rusia Vardan Toganyan mengatakan bahwa anggota kelompok militan Suriah yang didukung Turki telah berpartisipasi dalam konflik tersebut. Dia mengatakan bahwa baru-baru ini sekitar 4.000 militan Suriaj yang dibayar Turki dikerahkan ke Azerbaijan.

Posting Komentar untuk "Perang Armenia-Azerbaijan, Turki Kirim F-16, Armenia Ancam Gunakan Rudal Iskandar"