Armenia Lancarkan Serangan Rudal Balistik Ke Azerbaijan

Pada pagi hari tanggal 22 Oktober, militer Armenia meluncurkan rudal balistik ke sasaran di dalam wilayah Azerbaijan. Kementerian Pertahanan Azerbaijan menyatakan 3 rudal ditembakkan ke arah wilayah Siyazan, dua ke arah wilayah Gabala, dan satu ke arah wilayah Kurdamir. Azerbaijan mengklaim bahwa serangan itu ditujukan pada penduduk sipil dan infrastruktur sipil.

Laporan tersebut tidak memberikan rincian mengenai jenis rudal yang digunakan. Meskipun demikian, pasukan Armenia sejauh ini hanya menggunakan rudal R-17 Elbrus dan OTR-21 Tochka. Angkatan Bersenjata Armenia juga memiliki beberapa sistem rudal balistik jarak tembak 9K720 Iskander yang jauh lebih modern, tetapi kompleks tersebut belum digunakan karena Pemerintah Armenia tidak terburu-buru untuk memasuki perang habis-habisan dengan Azerbaijan untuk melindungi Republik Nagorno-Karabakh (juga dikenal sebagai Republik Artsakh) yang ingin merdeka dari Azerbaijan.

Kementerian Pertahanan Armenia mengecam laporan itu palsu tetapi perlu dicatat bahwa Yerevan juga menyangkal serangan rudal balistik di kota Ganja di Azerbaijan pada 16 Oktober, sebuah serangan, yang menewaskan atau melukai beberapa lusin warga sipil.

Di sisi Azerbaijan mengklaim telah menghancurkan setidaknya 3 kompleks balistik taktis Armenia. Beberapa dari mereka diserang di daerah perbatasan Armenia dekat Karabakh.

Pada malam tanggal 21 Oktober dan pagi hari tanggal 22 Oktober, pasukan Azerbaijan sedang mengembangkan operasi ofensif mereka ke arah Aghdere-Aghdam, Fizuli-Jabrayil, dan Zangilan-Gubadli. Militer Azerbaijan mengklaim telah merebut tempat-tempat penting di Gubadli dan menghancurkan baterai D-20 resimen artileri ke-155 Angkatan Bersenjata Armenia di wilayah Khojavend. Di daerah Aghdere, pasukan Azerbaijan diduga melancarkan serangan terhadap resimen senapan gunung ke-5 yang menimbulkan banyak korban jiwa di pihak Armenia.

Menurut Presiden Azerbaijan Ilham Alyiev, ​​dalam operasi baru-baru ini pasukan Azerbaijan merebut 22 pemukiman di distrik Fuzuli, Jabrayil, dan Zangilan. Mereka adalah Gejagozlu, Ashaghi Seyidahmadli, Zargar, Balyand, Papi, Tulus, Hajili, Tinli, Khurama, Khumarli, Sari Babayli, Ucunju Aghali, Hajalli, Girakh Mushlan, Udgun, Turabad, Ichari Mushlan, Malikli, Jahangirbayli, Baharli dan Minjivan. Beberapa tank tempur T-72 Armenia serta kendaraan tempur infanteri BMP-1 dan BMP-2 juga ditangkap oleh Azerbaijan.

Bentrokan sengit di wilayah yang diperebutkan terus berlanjut ketika Armenia dan Azerbaijan saling menuduh telah menyabotase pembicaraan diplomatik tentang penyelesaian non-militer atas perbedaan mereka.

Pada 12 Oktober, Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan bahkan mengatakan bahwa tidak ada solusi diplomatik untuk konflik Nagorno-Karabakh pada tahap ini.

“Azerbaijan tidak lagi setuju dengan apa yang kami setujui atau akan kami setujui, yang berarti bahwa pada tahap ini setidaknya tidak ada gunanya membicarakan solusi diplomatik,” kata Perdana Menteri Armenia itu.

Pashinyan juga menyinggung pertempuran yang sedang berlangsung di Nagorno-Karabakh yang meminta semua orang etnis Armenia untuk mengangkat senjata untuk mengusir tentara Azerbaijan.

Kementerian Pertahanan Armenia sejauh ini mengklaim bahwa Azerbaijan telah kehilangan 6.459 tentara, 584 kendaraan lapis baja dan sistem roket, 23 pesawat militer, 16 helikopter, dan 202 UAV.

Bahkan di tengah pernyataan kemenangan tentang banyaknya korban di Azerbaijan, pihak Armenia mengakui bahwa bentrokan telah mencapai wilayah Sungai Akari. Meskipun Armenia memberikan sedikit rincian mengenai posisi saat ini dari sisi, ini adalah konfirmasi de facto dari kemajuan Azerbaijan baru-baru ini.

Sementara itu, Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengulangi klaim sebelumnya dari kepemimpinan Turki bahwa negaranya siap mengirimkan pasukannya secara terbuka untuk mendukung Azerbaijan jika diperlukan. Oleh karena itu, bahkan jika Armenia mampu menstabilkan situasi saat ini di selatan Karabakh, Turki akan terus mendukung Azerbaijan melalui sarana, tindakan, dan pasukan yang diperlukan untuk melanjutkan operasi mereka yang bertujuan merebut kembali seluruh wilayah nagarno.

Posting Komentar untuk "Armenia Lancarkan Serangan Rudal Balistik Ke Azerbaijan"