PBB Cabut Embargo Senjata Iran

Setelah 13 tahun, PBB akhirnya mencabut embargo senjata pada Iran, maka negeri Syiah itu sekarang sudah bebas untuk membeli dan menjual senjata buatanya.

Embargo dicabut pada Minggu (18/10/2020) meskipun ada protes dari Amerika Serikat dan beberapa negara sekutunya.

Rusia dan Tiongkok adalah dua negara yang sekarang paling mungkin menawarkan senjata ke Teheran, sehingga mengurangi Iran bergantung pada industri senjatanya sendiri dan penyelundupan.

Meski telah di cabut hukuman oleh PBB, keadaan keuangan Iran sangat buruk yang menyebabkan demo besar besaran di seluruh Iran beberapa waktu lalu akibat naiknya bahan makanan pokok, hal ini ditambah ancaman sanksi Amerika Serikat yang terus berlanjut. Hal ini menyebabkan Teheran tidak mungkin melakukan pembelian jangka pendek, atau mencapai tingkat belanja pertahanan dari saingan utamanya di Teluk Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Menlu Iran sendiri menyatakan kesenangannya atas pencabutan hukuman ini dengan mengatakan “Normalisasi kerja sama pertahanan Iran dengan dunia hari ini adalah kemenangan bagi multilateralisme dan perdamaian serta keamanan di kawasan kami,” kata Javad Zarif.

Sebelumnya Inggris & Prancis sebagai anggota tetap PBB sekaligus pemilik Veto menyetujui penjabutan embargo PBB terhadap Iran, hal ini dilakukan karena kesepakatan JCPOA pada tahun 2015 lalu.

Perjanjian JCPOA adalah sebuah perjanjian pembatalan sebagian program nuklir Iran dengan imbalan keringanan sebagian sanksi, perjanjian ini di tandatangani di Wina, Austria.

Posting Komentar untuk "PBB Cabut Embargo Senjata Iran"