Saingi Tank Harimau Pindad, Israel Tawarkan Tank Ringan Sabrah ke Filipina

Filipina sedang membutuhkan Tank Ringan untuk angkatan daratnya. Saat ini sudah ada 3 kandidat yang masuk mengajukan diri yaitu: Hanwha Systems K21-105, Otokar Arma 105, dan Tank Harimau buatan Pindad.

Menurut informasi yang dirilis di akun Facebook MaxDefense Philippines pada 4 Oktober 2020. Israel juga siap bertarung untuk mendapatkan tender. Perusahaan Israel Elbit Systems telah menawarkan Sabrah Light Tank

Tangki ringan Elbit Systems Sabrah tersedia dalam dua konfigurasi termasuk varian roda rantai berdasarkan chasis General Dynamics European Land Systems (GDELS) ASCOD 2 dan versi roda ban berdasarkan kendaraan lapis baja Pandur II 8×8 yang juga diproduksi oleh GDELS.

Solusi tangki ringan yang dapat dikonfigurasi Sabrah dari Elbit Systems menambahkan daya tembak yang sangat efektif ke Armored Fighting Vehicle (AFV). Berdasarkan keberhasilan kendaraan lapis baja dan turret yang sepenuhnya telah combat proven, yang digunakan oleh banyak angkatan bersenjata di seluruh dunia, rangkaian solusi “Sabrah” adalah sistem AFV generasi terbaru yang dikembangkan oleh Elbit Systems.

Desain modular memungkinkan penggunaan turret 105mm yang sama untuk platform roda rantai atau roda ban 8X8 untuk menghasilkan daya tembak berperforma tinggi yang andal ke medan perang.

Desain turret Sabrah diambil dari referensi Elbit dan Kendaraan Lapis Baja “Merkava” yang combat proven. Turret, Fire Control Systems (FCS), elektro-optik, dan meriam tank 105mm-nya telah digunakan oleh Angkatan Pertahanan Israel (IDF) serta banyak angkatan bersenjata lainnya di seluruh dunia.

Tank ringan Sabrah dilengkapi dengan turret dua awak yang dipersenjatai dengan meriam Elbit Systems Land 105mm dan satu senapan mesin koaksial 7.62mm. Setiap sisi turret dilengkapi dengan empat pelontar granat asap. Penggerak turret sepenuhnya menggunakan tenaga listrik dengan stabilisasi pada elevasi dan traverse. Turret memiliki perlindungan balistik Level 4 STANAG 4569.

Perlengkapan standar turret mencakup fire control system, pengukur jarak laser, dan satu panoramic sight dengan sensor Elektro-Optik canggih (mode siang hari, penglihatan malam, dan LRF) untuk kondisi pertempuran siang, malam, dan semua cuaca yang efektif. Panoramic sight digunakan untuk observasi dan membidik target.

Sistem meriam 105 mm dilengkapi dengan sistem pemuatan otomatis dengan 12 peluru siap tembak. Kendaraan membawa total 36 amunisi, dengan 24 peluru disimpan di dalam hull. Meriam dapat menembakkan berbagai macam amunisi NATO termasuk HEP-T (High-explosive), HESH (High-explosive squash head), APFSDS (Armor-piercing fin-stabilized discarding sabot) serta amunisi canggih, T-MP- HE M110.

Meriam 105 mm memiliki jarak tembak efektif 3.600m dengan kecepatan tembak 6 peluru per menit.

Platform roda rantai ASCOD 2 adalah evolusi berkelanjutan dari konsep ASCOD yang telah terkenal dan sukses, yang menampilkan sistem roda rantai yang canggih dan teknologi perlindungan. Karena pengembangan berkelanjutan dan penyisipan teknologi, ASCOD menawarkan perlindungan dan mobilitas yang canggih, volume internal yang besar pada dimensi yang sangat ringkas, dan muatan besar pada GVW rendah.

Sumber : armyrecognition.com

Posting Komentar untuk "Saingi Tank Harimau Pindad, Israel Tawarkan Tank Ringan Sabrah ke Filipina"