China Resmi Kenalkan Drone Tempur Wing Loong-10

Keluarga drone serang tempur Wing Loong bertambah. China secara resmi mengenalkan varian terbaru yaitu Wing Loong-10 di acara Nanchang Airshow 2020, yang dimulai pada hari Sabtu lalu (31/10).

Versi Wing Loong ini diklaim punya spesialiasi serangan pada objek di darat. Dengan menggunakan mesin jet ZF850 yang punya daya dorong hingga 1.000 kg dan drone ini dibandrol dengan harga sebesar 6 juta Yuan.

Wing Loong-10 dilaporkan memiliki ukuran panjang 9 m dan tinggi 3,7 m. Drone dapat membawa diantaranya rudal udara-ke-darat BA-7, bom berpemandu laser YZ-212, bom anti-personel YZ-102A, dan bom berpemandu mini 50kg LS-6.

Wing Loong dikembangkan oleh Chengdu Aircraft Industry Group. Kali pertama diketahui publik saat melakukan penerbangan uji mendeteksi topan pada 02 Agustus 2020, ketika Topan Sinlaku menghantam Provinsi Hainan, Tiongkok Selatan.

Dalam misi itu Wing Loong-10 terbang selama 4 jam. Selama penerbangan, drone tersebut menjatuhkan 30 sonde, yang melakukan pemindaian stereoskopik sistem awan luar bersama dengan radar gelombang milimeter. Kemudian ground control center menerima data real-time tentang kondisi sistem awan luar, termasuk suhu, kelembaban, tekanan atmosfer, arah angin, kecepatan angin, hydrometeor dan lain lain.

Keluarga drone Wing Loong lainnya telah diterjunkan dalam medan pertempuran oleh pasukan koalisi Arab Saudi di Yaman dan oleh Government of National Accord (GNA) di Libya.

TNI sendiri punya 4 Drone Wing Long yang dibeli tahun 2018.

Posting Komentar untuk "China Resmi Kenalkan Drone Tempur Wing Loong-10"