India Luncurkan Kapal Selam Kelas Scorpene Kelima Buatan Sendiri

Program transfer teknologi benar-benar berjalan di India. Mereka berhasil menekan negara-negara yang penjual senjata untuk berbagi ilmu. Kali ini mereka meluncurkan kapal selam kelas Scorpene dari Perancis yang berhasil dirakit India sendiri.

Adalah Mazagon Dock Limited (MDL), BUMN India pembuat kapal yang telah meluncurkan kapal selam serang diesel-elektrik kelas Modified Scorpene/Kalvari kelima Angkatan Laut India, yang akan dinamai INS Vagir (S25), dalam sebuah upacara di galangan kapal di Mumbai pada 12 November 2020.

Kapal tersebut diluncurkan secara resmi oleh Menteri Negara untuk Pertahanan Shripad Naik melalui konferensi video. Upacara dihadiri oleh Vice Admiral R B Pandit, Kepala Staf Komando Barat Angkatan Laut India.

Kapal selam, yang masih menyandang nama Yard No. 11879, ditarik ke Mumbai Port Trust, untuk dipisahkan dari pontonnya, setelah itu kapal akan menjalani uji coba dan pengujian yang ketat, baik di pelabuhan maupun di laut sebelum diserahkan ke Angkatan Laut India.

Kelas Kalvari adalah kelas kapal selam hunter-killer diesel-listrik (SSK) yang dibangun untuk Angkatan Laut India. Kapal selam kelas tersebut didasarkan pada kapal selam kelas Scorpène yang dirancang oleh pembuat kapal Prancis NAVAL Group (sebelumnya DCNS) diproduksi di Mazagon Dock Limited di Mumbai dengan transfer teknologi (ToT).

Kapal selam tersebut memiliki panjang 67,5 m, tinggi 12,3 m, lebar keseluruhan 6,2 m dan draft 5,8 m. Kapal selam kelas tersebut berbobot 1.615 ton saat di permukaan dan 1.775 ton saat menyelam.

Kapal selam ditenagai oleh empat mesin diesel MTU 12V 396 SE84, memiliki 360 sel baterai dan memiliki Permanently Magnetised Propulsion Motor yang senyap. Kapal dapat mencapai kecepatan tertinggi 20 knot (37 km/jam) saat menyelam dan 11 knot saat muncul di permukaan.

Kapal selam ini memiliki jangkauan 6.500 nmi (12.000 km) dengan kecepatan 8 kn (15 km/jam) saat muncul di permukaan dan mampu menyelam hingga kedalaman 350 meter. Kapal selam memiliki awak 8 perwira dan 35 pelaut.

Kapal-kapal tersebut dapat dipersenjatai dengan torpedo kelas berat Varunastra yang dikembangkan dalam negeri India, rudal anti-kapal (AShM) yang diluncurkan dari kapal selam MBDA SM39 dari Prancis, dan ranjau laut. Exocet SM39 adalah rudal anti-kapal skimming, subsonik, berbahan bakar padat dengan perkiraan jangkauan operasional 50-70 kilometer tergantung pada variannya.

Kelas dan kapal selam mengambil nama mereka dari kapal selam pertama yang diresmikan di Angkatan Laut India – tiga pertama setelah kelas Kalvari dan tiga berikutnya setelah kelas Vela (kedua varian dari kapal selam kelas Foxtrot era Soviet).

Kapal selam pertama dari kelas tersebut, adalah INS Kalvari, diresmikan masuk armada Angkatan Laut India dalam upacara di Mumbai pada 14 Desember 2017 setelah penundaan selama hampir empat tahun. Kelas kedua, INS Khanderi, diresmikan masuk armada pada 28 September 2019.

Kapal selam ketiga dari kelas tersebut, diberi nama INS Karanj, diluncurkan pada 31 Januari 2018 dan yang keempat, akan dinamai INS Vela, diluncurkan pada 6 Mei 2019.Keduanya akan diserahkan ke Angkatan Laut India setelah selesainya sea trial.

Menurut pembuat kapal, satu kapal yang tersisa di kelas tersebut – yang akan diberi nama INS Vagsheer – sedang dalam tahap konstruksi lanjutan dan akan diserahkan ke Angkatan Laut India pada tahun 2022.

Sumber : defpost.com/FP TSM Angga

Posting Komentar untuk "India Luncurkan Kapal Selam Kelas Scorpene Kelima Buatan Sendiri"