TNI AD Gelar Latihan Perang Kerahkan 3.123 Pasukan di Sumatera Selatan

TNI AD mengerahkan 3.123 prajuritnya dalam Latihan Antar Kecabangan (Latancab) 2020. Ke-3123 personel tersebut tergabung dalam Brigade Tim Pertempuran (BTP) dalam simulasi latihan perang untuk menghancurkan negara agresor.

Panglima Divisi Infanteri-2 Kostrad, Mayjen TNITri Yuniarto menuturkan, pasukan yang tergabung dalam BTP ini adalah Brigif Raider-9/Dy/2 Kostrad yang diperkuat berbagai kecabangan, antara lain, satuan tempur, satuan bantuan tempur, satuan intelijen, satuan teritorial dan satuan bantuan administrasi.

Selain itu, pasukan tersebut melibatkan alutsista yang memiliki teknologi modern, seperti helikopter Mi-35, Tank Leopard 2, MLRS Astros, howitzer Caesar, dan rudal artileri pertahanan udara RBS 70. Pengerahan kekuatan tempur ini menjadi bagian dari skenario Latihan Antar Kecabangan (Ancab) TNI AD Kartika Yudha Tahun 2020 yang digelar di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan.

“Melalui latihan antarkecabangan, sangat diharapkan akan dapat membangun kerja sama operasi (interoperabilitas) antarkecabangan TNI AD yang benar-benar terukur, efektif, efisien dan profesional, yang muaranya akan dapat melipatgandakan daya tempur dan daya gempur satuan, mana kala terlibat pertempuran yang sebenarnya,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/11/2020).

Mayjen Tri Yuniarto menegaskan, latihan ini merupakan suatu bentuk latihan yang melibatkan hampir seluruh komponen TNI AD dan benar-benar telah terintegrasi. Dia berharap, para prajurit yang berlatih dapat melakukannya dengan sungguh-sungguh dan berhati-hati.

Posting Komentar untuk "TNI AD Gelar Latihan Perang Kerahkan 3.123 Pasukan di Sumatera Selatan"