Ukraina Gagalkan Penyelundupan Mesin Helikopter ke Rusia

Departemen Keamanan Ukraina melaporkan pada Selasa (03/11) telah berhasil mencegah pencurian dan penyelundupan mesin dan spare part Helikopter dari perusahaan dirgantara strategis Ukraina.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan pada 3 November oleh SBU, dinas keamanan tersebut telah mencegah penyelundupan mesin helikopter ilegal ke Rusia.

Suku cadang dan mesin yang dicuri diekspor ke luar negeri oleh perantara di luar pengawasan pihak bea cukai Ukraina. Menurut dokumen yang diduga palsu, peralatan itu dijual ke perusahaan pertahanan dari Timur Tengah dan negara-negara anggota Commonwealth of Independent States (CIS).

Dinas Keamanan Ukraina melakukan operasi yang disiapkan dengan menggunakan informasi dari Badan Intelijen Luar Negeri Ukraina SZR. Dinas Keamanan menahan tersangka saat mencoba menjual mesin helikopter tersebut senilai $ 980.000.

Keterangan ahli teknis menyebutkan bahwa mesin tersebut merupakan produk penggunaan ganda dan dapat dipasang pada helikopter militer keluarga Mil.

Selama penyelidikan di kantor perantara barang tersebut di Ukraina dan tempat tinggal para tersangka, ditemukan suku cadang untuk helikopter Mi-2 dan Mi-8. Draf catatan yang berisi aktivitas ilegal para tersangka juga disita.

Sumber : defence-blog.com via TSM Angga

Posting Komentar untuk "Ukraina Gagalkan Penyelundupan Mesin Helikopter ke Rusia"