Vietnam Segera Menerima 150 Tank Elang Putih

Dilansir media BaoDatViet, kombinasi T-72MS dengan T-90S/SK dan T-54M akan menciptakan terobosan kekuatan yang luar biasa bagi Vietnam. Saat ini, Tentara Rakyat Vietnam telah mengoprasikan 64 unit T-90S/SK yang modern dari Rusia dan disertai ratusan T-54M yang sedang dalam upgrade menggunakan teknologi Israel. Tentunya, perbedaan besar baik firepower antara T-90S/SK dan T-54M baru ini terlalu jauh, sehingga perlu adanya “Jembatan” dan itu adalah T-72MS “White Eagle”.

Sebelumnya Vietnam melakukan penilaian terhadap kadidat T-72B3 yang di gunakan Vietnam pada event turnamen Tank Biathlon, tetapi menurut penilaian yang paling sesuai dengan kriteria Vietnam inginkan adalah T-72MS. Tank White Eagle ini sendiri dirancang dalam program Proryv-2G Rusia, ini adalah paket upgrade cepat untuk kendaraan T-72B milik Angkatan Darat Rusia. T-72MS “White Eagle” dilengkapi dengan gunner & chief vehicle Sosna-U atau thermo optical multi channel viewfinder system, perangkat yang sama digunakan pada T-90S/SK Vietnam.

Kemudian T-72MS sudah menggunakan komputer balistik dan sistem pelacakan target otomatis, terintegrasi dengan turret senapan mesin, di persenjatai dengan 2A46M 125 mm dan dilapisi oleh armor reaktif eksplosif Kontakt 1. Secara keseluruhan, T-72MS merupakan paket upgrade lebih baik dari seri T-72B biasa dengan harga 2x lebih murah ketimbang T-90S/SK produksi baru, meski begitu T-72MS memiliki daya tahan lebih buruk dengan Kontakt 1 yang sudah ketinggalan zaman.

Sumber: BaoDatViet vis IG Mihty War

Posting Komentar untuk "Vietnam Segera Menerima 150 Tank Elang Putih"