2 Kapal Intai Strategis China Diam-diam melintasi Selat Sunda

Dua kapal kelas intai strategis milik China terdeteksi melintas diam-diam di Selat Sunda, Banten, pada awal April lalu. Kapal-kapal asal Negeri Tirai Bambu berhasil terdeteksi pihak Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

Dua kapal itu bisa digolongkan kapal pengintai strategis. Kapal pertama adalah peneliti arus bawah laut Da Yang Hao. China sangat agresif memetakan arus bawah laut di samudera hindia untuk dijadikan panduan bagi penyelaman armada kapal selamnya.

Kapal ini terdeteksi radar Pada 2 April 2021 sekitar pukul 11.23 WIB dari Samudera Hindia menuju Laut China Selatan.

Kapal startegis kedua yang melintas
Keesokan harinya, pada 3 April 2021, adalah kapal pelacak satelit/rudal Yuanwang-6 yang penuh radar. Kapal ininterdeteksi radar TNI pada pukul 19.25 WIB di Selat Sunda. Kapal ini dikatakan melintas dalam kondisi langit gelap gulita.

Kedua kapal terekam dalam video “Monitoring Dua Kapal Riset China Melintas Selat Sunda” yang diunggah melalui akun YouTube Komando Armada I (Koarmada 1) pada Senin (12/4/2021) lalu, terlihat dua kapal tersebut datang bergantian.

Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita buka suara mengenai terdeteksinya dua kapal China tersebut.

“Bakamla belum mengetahui tujuan lalu lintas kapal riset. Namun memang China sepertinya sedang meningkatkan kegiatan riset kelautannya di Samudera Hindia,” kata Wisnu dikutip dari CNBC Indonesia pada Minggu (18/4/2021).

Saat ditanya apakah Bakamla tidak melihat aksi mencurigakan kapal-kapal itu di Selat Sunda seperti menurunkan jangkar, Wisnu menjawab, “Sementara normal.”

Pihak TNI AL sebelumnya mengatakan tidak ada aktivitas mencurigakan yang dapat mengganggu keamanan RI dari kedua kapal penelitian China tersebut. Mereka juga menyatakan telah mengawasi dengan ketat aktivitas kapal dua kapal berbendera asing tersebut.

Posting Komentar untuk "2 Kapal Intai Strategis China Diam-diam melintasi Selat Sunda"