Iran Resmikan Pabrik Pengayaan Uranium Baru Yang Lebih Canggih Buatan Sendiri

Pada 1 April, Iran telah mulai menguji sentrifugal pengayaan uranium IR-9 yang ditingkatkan di pabrik bawah tanah di Natanz, menurut pernyataan perwakilan resmi Organisasi Energi Atom Iran, Behruz Kamalvandi.

“Salah satu kemajuan yang dibuat di bidang pengayaan uranium kami adalah awal dari uji mekanis sentrifuse IR-9,” kata Behrouz Kamalvandi kepada ISNA, Kantor Berita Iran.

Menurut klaimnya, sentrifugal IR-9 berkapasitas 50 SWU (Satuan kerja terpisah, salah satu indikator kapasitas sentrifugasi). Pejabat itu menambahkan bahwa “peralatan ini sepenuhnya produksi dalam negeri, dibuat dan berfungsi sesuai dengan standar baru.”

Iran telah bekerja selama bertahun-tahun untuk membuat sentrifugal baru dan memodernisasi yang ada untuk pengayaan uranium. Menanggapi penarikan sepihak Amerika Serikat (AS) dari kesepakatan nuklir, Teheran telah mulai menggunakan sentrifugal canggih di fasilitas nuklirnya.

Dengan demikian, Iran akan menggunakan kaskade keempat sentrifugal kelas IR-9, bersama dengan sentrifugal IR-1, IR-2m dan IR-4. Di bawah ketentuan kesepakatan nuklir internasional, Iran sebenarnya hanya dapat menggunakan IR-1.

Saat ini, tampaknya tidak ada solusi untuk kesepakatan nuklir Iran, karena AS dan Iran belum menemui kesepahaman bersama tentang boleh tidaknya Iran mengembangkan nuklir sendiri secara mandiri.
Pada hari yang sama, pada 6 April, Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Arakchi berulang kali mengklaim bahwa pencabutan sanksi AS terhadap Teheran diperlukan untuk memulihkan kesepakatan nuklir.

Pernyataan itu dibuat di tengah pembicaraan tidak langsung yang sedang berlangsung antara Iran dan Washington di Wina. Putaran pertama perundingan komisi gabungan di JCPOA telah berlangsung, di mana diputuskan untuk mengadakan konsultasi ahli tentang masalah pencabutan sanksi dan kegiatan nuklir.

Posting Komentar untuk "Iran Resmikan Pabrik Pengayaan Uranium Baru Yang Lebih Canggih Buatan Sendiri"