Monkey Model, Downgrade Ala Rusia Yang Bikin Males Beli

Monkey model adalah versi ekspor peralatan militer Rusia (kendaraan lapis baja, pesawat terbang, rudal dll) dengan kemampuan yang jauh lebih rendah daripada versi aslinya dan dimaksudkan hanya untuk ekspor.

Versi Monkey model ini punya desain dan nama yang sama dengan aslinya, tapi pada kenyataannya monkey model ini tidak memiliki banyak fitur canggih yang digembar gemborkan alias digembosi.

Walhasil, alusista monkey model ini emggak sesakti versi aslinya. Contoh ketika Tank Sherman M51 milik Israel bisa mengalahkan Tank T-55 milik Suriah selama perang di Golan. Padahal secara data di atas kertas, Tank Sherman M51 pasti kalah.

Apakah Indonesia juga kena Monkey Model?
Iyalah, Senjata Indonesia impor dari Rusia adalah Pesawat Sukhoi (varian MK2 dan SKM, MK = Modernizirovannyi Kommercheskiy alias varian ekspor) dan rudal Yakhont.

Dari kedua itu yang paling terasa downgrade adalah rudal Yakhont karena jangkauannya aslinya sekitar 600 km namun disunat menjadi 120-300 km. Kebijakan Rusia ini juga ditiru oleh Cina.

Apakah Amerika jiga punya kebijakan seperti ini, enggak sih. Enaknya barang buatan AS kadang dikasih spek yang setara tapi pemakaian sangat dibatasi diatur ketat dalam perjanjian pembelian. Enggak boleh dipakai ini dan itu.

Sementara barang Rusia pemakaian bebas terserah mau dipakai apa aja, tapi kadang barang yang dijual adalah versi downgrade.

Menurut kalian lebih menguntungkan yang mana?

Posting Komentar untuk "Monkey Model, Downgrade Ala Rusia Yang Bikin Males Beli"