Ukraina Makin Panas: Rusia Kirim Armada Perang Ke Laut Hitam, AS Kirim Pesawat Kargo Ke Kiev

Tensi di Ukraina dipastikan makin memanas, ini setelah Rusia mengirim armada kapal perang ke Laut Hitam dan Amerika Serikat mengirim pesawat kargo ke Ibukota Kiev. Turki juga memanaskan prahara dengan mengizinkan kapal perang AS untuk tetap melintas di selat Bosporus untuk menyingkat perjalanan dari Laut Mediterania ke Laut Hitam.

Menurut juru bicara Armada Keenam Angkatan Laut AS Kyle Raines, pada 14 dan 15 April, sebagai bagian dari latihan militer NATO skala besar Defender Europe 2021, dua kapal perusak AS dengan senjata rudal, mungkin USS Roosevelt dan USS Donald Cook, diharapkan memasuki Laut Hitam. Langkah ini terutama ditujukan untuk menunjukkan dukungan untuk Ukraina. Menurut Wakil Kepala Pelayanan Pers Departemen Luar Negeri AS, Jalin Porter, mereka akan berada di kawasan Laut Hitam hingga 4 Mei.

Ini bukan pertama kalinya kapal perang AS melewati Laut Hitam. Sejak 2014, mereka secara teratur pergi ke pelabuhan Odessa di Ukraina. Menurut sumber Amerika, Angkatan Laut AS secara teratur mengirimkan armadanya ke sana, tetapi langkah seperti itu saat ini akan berarti “pesan khusus” untuk Federasi Rusia.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengomentari masalah ini: “Pass of kapal AS ke Laut Hitam disertai dengan retorika agresif, Moskow tidak mengerti apa tujuan Washington di Ukraina”.

Saat ini, tidak mungkin salah satu pihak dalam konflik akan meluncurkan eskalasi militer di Laut Hitam, karena Rusia memiliki armada militer yang besar di sana, dan kemampuan angkatan laut AS dan NATO tidak mencukupi di wilayah tersebut. Apalagi, Bosphorus masih dalam regulasi Konvensi Montreux Tentang Rezim Selat.

Klaim dan ancaman yang sedang berlangsung dari Washington untuk mengirim kapal perangnya ke Laut Hitam kemungkinan besar hanyalah gertakan kosong. Sementara itu, Rusia memanfaatkan kesempatan itu untuk memperkuat kemampuan militernya di kawasan Laut Hitam.

Amerika Serikat, pada gilirannya, menggunakan cara lain untuk mendukung sekutunya di Kiev. Setidaknya dua pesawat kargo militer C-130J Hercules Angkatan Udara AS tiba di Kiev selama 24 jam terakhir dari pangkalan militer AS di Stuttgart dan dari Riga.

Sebelumnya, setidaknya tiga pesawat angkut militer Angkatan Udara AS telah tiba di Ukraina pada awal April, menurut data pengamat penerbangan.

Instruktur militer NATO juga dilaporkan terlibat dalam pelatihan penembak jitu Ukraina. Salah satu kamp pelatihan semacam itu didirikan di Mariupol di sebelah garis depan, menurut intelijen militer Donetsk.

Dengan demikian, sekutu utama Kiev, terutama AS dan Turki, siap mendukung militer Ukraina dengan mengirimkan peralatan dan memberikan nasihat. Alat utama dukungan mereka adalah klaim keras dan tuduhan politik terhadap Rusia. Namun, tidak ada negara anggota NATO yang akan membiarkan tentaranya mati di Ukraina Timur atau di Laut Hitam.

Posting Komentar untuk "Ukraina Makin Panas: Rusia Kirim Armada Perang Ke Laut Hitam, AS Kirim Pesawat Kargo Ke Kiev"