Waspadai Taliban, Rusia Beri Tajikistan Senjata Gratis Untuk Memperkuat Perbatasan

Lonjakan aktivitas teroris di Afghanistan dengan latar belakang penarikan pasukan asing yang tergesa-gesa dari negara itu dan degradasi situasi yang cepat memerlukan penerapan langkah-langkah yang tepat.

Langkah-langkah ini sudah berlangsung, kata Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu.

“Hari ini, kerja sama untuk menetralisir ancaman dari wilayah tetangga Afghanistan mengemuka. Penarikan pasukan asing yang tergesa-gesa dari sana memicu degradasi situasi yang cepat, peningkatan dan lonjakan aktivitas teroris. Situasi ini membutuhkan tindakan yang tepat. Pekerjaan ini sudah berlangsung,” kata Shoigu pada pembicaraan dengan Menteri Pertahanan Tajik Sherali Mirzo di Dushanbe pada 27 Juli.

Menurut kepala departemen militer Rusia, untuk mempraktekkan tindakan untuk mengusir ancaman teroris ke arah Afghanistan, sejumlah latihan bersama telah direncanakan baik secara bilateral maupun dalam kerangka CSTO, dan langkah-langkah lain sedang dilakukan.

“Pengiriman tambahan senjata dan peralatan Rusia untuk melengkapi tentara Tajik telah diatur, sebagai hadiah. Kami terus melatih personel militer Tajik untuk lebih berkualitas. Kami melatih mereka baik di universitas militer kami maupun di pangkalan militer Rusia ke-201. Kami menyediakan semua yang diperlukan untuk pelatihan tempur. memperkuat potensi tempur pangkalan kami dan mengklarifikasi rencana untuk bersama-sama memukul mundur kemungkinan penetrasi militan dari Afghanistan, ”kata Shoigu.

Dia menekankan bahwa pihak Rusia siap “untuk memberikan dukungan yang diperlukan kepada Tajikisitan.”

Sementara itu, pada 27 Juli, Menteri Luar Negeri Tajik Sirojiddin Muhriddin mengatakan bahwa pemerintah tidak dapat menyebutkan jumlah pasti pengungsi yang diizinkan dari Afghanistan dan akan tetap berhati-hati saat menerima pencari suaka dari tetangganya yang dilanda perang.

Muhriddin khawatir para pendukung kelompok teroris bisa masuk bersama rakyat Afghanistan.

Sebelumnya, pemerintah Tajik telah mengakui bahwa negara itu bersedia menerima hingga seratus ribu pengungsi Afghanistan karena konflik berkecamuk di negara itu dan Taliban sekarang telah menguasai lebih dari 190 distrik.

“Kita perlu menciptakan kondisi tertentu bagi pengungsi Afghanistan untuk menghindari penyebaran virus corona sementara ini”, kata Muhriddin.

Sementara itu, Menlu Tajik menyatakan keprihatinan atas potensi masuknya Al-Qaida, Partai Islam Turkistan, dan lainnya.

Deputi Komite Darurat dan Pertahanan Sipil Tajikistan mengatakan negara itu sedang menilai potensinya untuk menerima seratus pengungsi Afghanistan dan masyarakat juga sedang membangun kamp.

Posting Komentar untuk "Waspadai Taliban, Rusia Beri Tajikistan Senjata Gratis Untuk Memperkuat Perbatasan"