Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Giliran Kuwait Dapat Kiriman Pesawat Tempur Baru F-18 Hornet

Suhu kawasan timur tengah dipastikan makin memanas. Setelah Qatar, giliran Kuwait yang mendapat kiriman pesawat tempur baru.

Dengan permusuhan Sunni-Syiah antara negara-negara Arab dan Iran. Perlombaan senjata antar keduanya makin memanas. Terutama karena konflik di Yaman yang tidak berujung.

Boeing dilaporkan telah menyelesaikan pengiriman 28 pesawat tempur baru F/A-18E/F Super Hornet untuk Kuwait dengan mentransfernya terlebih dahulu ke Angkatan Laut AS (USN) sebelum akhirnya diserahkan kepada pelanggan.

Pabrikan mengumumkan acara tersebut pada 2 September, dengan memposting gambar video pesawat berkursi tunggal dengan nomor 822 yang berangkat dari fasilitas produksi St Louis di Missouri.

Kuwait akan menerima 22 F/A-18E dengan single seat dan enam F/A-18F double seat yang kontraknya dilakukan dalam kesepakatan government-to-government, semua pesawat telah diserahkan ke USN sebelum perkiraan transfer mereka ke Angkatan Udara Kuwait. (KAF) dalam beberapa bulan mendatang (waktu kapan tepatnya belum diungkapkan). Seperti diberitakan sebelumnya oleh Janes, tonggak pengiriman ini sedikit tertunda karena efek pandemi Covid-19.

Kesepakatan senilai USD2,7 miliar untuk Kuwait (termasuk penerima peringatan radar dan senjata) melibatkan Super Hornet yang sebagian besar dibangun dengan standar Blok 3 terbaru USN (dengan beberapa elemen Block 2 masih dipertahankan). Block 3 mencakup upgrade ke radar active electronically scanned array (AESA) Raytheon AN/APG-79; sebuah area besar dari Elbit System yang menampilkan ‘glass’ cockpit dan avionik generasi berikutnya; infrared search and track; Integrated Defensive Electronic Countermeasures dan mesin General Electric F-414-400 baru yang disempurnakan. Selanjutnya untuk peningkatan kemampuan, badan pesawat Block 3 diperpanjang. Tangki bahan bakar konformal yang ‘dipasang pada bahu’ yang sebelumnya disertakan telah dihentikan oleh USN pada awal tahun 2021.

Pada November 2016, Departemen Luar Negeri AS menyetujui penjualan hingga 40 Super Hornet (32 F/A-18E dan delapan F/A-18F) untuk Kuwait, senilai USD10,1 miliar (termasuk peralatan dan dukungan terkait).

Posting Komentar untuk "Giliran Kuwait Dapat Kiriman Pesawat Tempur Baru F-18 Hornet"