Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amerika dan Taliban Kembali Berunding di Qatar Bahas Bantuan Pangan dan IMF

Putaran pembicaraan antara perwakilan AS dan Taliban berakhir pada 10 Oktober, menjadikannya pertama kalinya kedua pihak berunding setelah kelompok itu mengambil alih Afghanistan pada Agustus.

Media lokal yang melaporkan dari Doha mengatakan bahwa delegasi Afghanistan telah menggambarkan pembicaraan bilateral dua hari itu sebagai hal yang “positif.”

Taliban mengatakan pembicaraan “berjalan dengan baik,” dengan Washington berjanji mengalirkan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan setelah setuju untuk tidak menghubungkan bantuan semacam itu dengan pengakuan resmi AS pada rezim Taliban.

Delegasi Afghanistan, yang dipimpin oleh Penjabat Menteri Luar Negeri Mullah Amir Khan Muttaqi, telah datang ke Doha untuk mencari pengakuan AS dan internasional, yang dapat mengarah pada dukungan keuangan internasional.

Berkenaan dengan evakuasi warga Afghanistan dan warga negara asing, Taliban menegaskan kembali bahwa mereka akan “memfasilitasi keberangkatan warga negara asing dan menjamin keamanan.”

Para pejabat AS mengatakan pembicaraan di Doha merupakan kelanjutan dari “keterlibatan pragmatis” dengan kelompok itu dan “bukan tentang memberikan pengakuan atau memberikan legitimasi” kepada Taliban.

Delegasi AS berfokus pada masalah keamanan dan terorisme dan perjalanan yang aman bagi warga AS, warga negara asing lainnya dan mitra Afghanistan kami, serta pada hak asasi manusia, termasuk partisipasi yang berarti dari perempuan dan anak perempuan dalam semua aspek masyarakat Afghanistan, ”katanya.

“Kedua belah pihak juga membahas pemberian bantuan kemanusiaan yang kuat dari Amerika Serikat, langsung kepada rakyat Afghanistan.”

Perjanjian AS-Taliban, yang dinegosiasikan pada tahun 2020, telah menyerukan pemerintah koalisi yang dipimpin oleh pemerintah Afghanistan, yang dengan cepat runtuh pada 15 Agustus.

Presiden Ashraf Ghani saat itu melarikan diri dari negara itu dalam menghadapi serangan kilat oleh Taliban, yang mengikuti keputusan Presiden AS Joe Biden untuk menarik pasukan NATO yang dipimpin AS.

“Delegasi AS berfokus pada masalah keamanan dan terorisme dan perjalanan yang aman bagi warga AS, warga negara asing lainnya dan mitra Afghanistan kami, serta pada hak asasi manusia, termasuk partisipasi yang berarti dari perempuan dan anak perempuan dalam semua aspek masyarakat Afghanistan,” kata Ned. Price, juru bicara Departemen Luar Negeri AS.

Price mengatakan Taliban akan diadili berdasarkan tindakan mereka, bukan hanya kata-kata mereka.

Delegasi Afghanistan meminta AS untuk mengakhiri sanksi ekonomi dan “mencairkan” aset senilai $10 miliar.

Taliban mengumumkan Kabinetnya yang seluruhnya laki-laki bulan lalu, tetapi telah berjuang untuk memerintah di tengah krisis likuiditas setelah terputus dari lembaga keuangan internasional, seperti IMF dan Bank Dunia.

Posting Komentar untuk "Amerika dan Taliban Kembali Berunding di Qatar Bahas Bantuan Pangan dan IMF"