Drone Rusia Tertembak Jatuh di Suriah, Pasukan Milisi Bekingan Turki Ngaku Bertanggung Jawab

Pada 13 Oktober, sebuah pesawat tak berawak Orlan-10 Rusia jatuh di pinggiran kota Marea yang diduduki Turki di pedesaan utara Aleppo, Suriah.

Tentara Nasional Suriah yang didukung Turki mengklaim bahwa pesawat tak berawak itu ditembak jatuh oleh para militannya. Namun demikian, aktivis oposisi mengatakan bahwa pesawat tak berawak itu jatuh sebagai akibat dari kegagalan teknis. Foto-foto reruntuhan drone tidak menunjukkan kerusakan nyata.

Orlan-10 memiliki durasi penerbangan 16 jam dan jangkauan 140 km. Drone dapat dilengkapi dengan beberapa jenis sensor untuk melakukan misi yang berbeda termasuk pengintaian, pemetaan 3D, peperangan elektronik, dan relai komunikasi.

Ini adalah Orlan-10 Rusia ketujuh yang hilang di Suriah tahun ini.

  • Pada 6 Februari, sebuah pesawat tak berawak Orlan-10 jatuh di dekat kota Ain Issa di pedesaan utara Raqqa. Pesawat tak berawak itu diduga ditembak jatuh oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF).
  • Pada 7 Februari, sebuah drone Orlan-10 jatuh di Gunung al-Zawiya di pedesaan selatan Idlib. Drone itu diduga ditembak jatuh oleh Ruang Operasi al-Fateh al-Mubeen.
  • Pada 4 April, sebuah pesawat tak berawak Orlan-10 jatuh di dekat kota Mashhad Ruhin di pedesaan utara Idlib. Drone tersebut diduga jatuh karena kesalahan teknis.
  • Pada 11 Agustus, sebuah pesawat tak berawak Orlan-10 jatuh di dekat kota al-Matmurah di pedesaan utara al-Hasakah. Baik SDF dan militan yang didukung Turki disalahkan atas insiden tersebut.
  • Pada 11 Agustus, sebuah pesawat tak berawak Orlan-10 jatuh di dekat kota al-Ruwaihah di pedesaan selatan Idlib. Drone itu diduga ditembak jatuh oleh Hay’at Tahrir al-Sham yang berafiliasi dengan al-Qaeda.
  • Pada 15 Agustus, sebuah drone Orlan-10 jatuh di gurun Homs di wilayah tengah. ISIS mengklaim bahwa pesawat tak berawak itu ditembak jatuh oleh para pejuangnya.
  • Pasukan Dirgantara Rusia telah sangat aktif di bagian yang diduduki Turki di pedesaan utara Aleppo baru-baru ini. Pada 7 Oktober, tiga serangan udara Rusia menargetkan pinggiran Marea. Pada 11 Oktober, serangan udara keempat menghantam daerah itu.

Drone Rusia yang jatuh di dekat Marea kemungkinan memantau pergerakan militan yang didukung Turki yang melanggar perjanjian de-eskalasi Rusia-Turki di pedesaan Aleppo utara beberapa kali dalam beberapa minggu terakhir.

Posting Komentar untuk "Drone Rusia Tertembak Jatuh di Suriah, Pasukan Milisi Bekingan Turki Ngaku Bertanggung Jawab"