Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ficantieri Italia Luncurkan Korvet Pertahanan Udara ke-3 Pesanan AL Qatar

Peluncuran teknis “Al Khor”, korvet kelas ketiga Al Zubarah yang dipesan ke Fincantieri (Italia) oleh Kementerian Pertahanan Qatar dalam program akuisisi angkatan laut nasional, berlangsung di galangan kapal Muggiano (La Spezia). Kapal akan dikirim pada tahun 2022.

Upacara yang diadakan dalam format terbatas dan sepenuhnya sesuai dengan persyaratan anti-penularan virus COVID-19, dihadiri oleh Staf Brigadir Jenderal Abdulla Ali Al-Mazroey, Wakil Komandan Angkatan Laut Emiri Qatar dan Komandan Armada Angkatan Laut Qatar Emiri, Wakil Laksamana Giorgio Lazio Italia Komandan Maritim Angkatan Laut Area Utara, dan Marco Acca, Wakil Manajer Umum Divisi Kapal Angkatan Laut Fincantieri.

Korvet kelas Al Zubarah, yang dirancang sesuai dengan aturan RISAMIL, akan sangat fleksibel dan mampu memenuhi berbagai jenis tugas, mulai dari pengawasan dengan kapasitas penyelamatan laut hingga menjadi kapal perang. Mereka akan memiliki panjang sekitar 107 meter, lebar 14,70 meter, dan dilengkapi dengan mesin diesel dan diesel gabungan (CODAD), dengan kecepatan maksimum 28 knot. Unit akan mampu menampung 112 orang di dalamnya.

Selanjutnya, korvet akan mampu mengoperasikan kapal berkecepatan tinggi seperti RHIB (Rigid Hull Inflatable Boat) melalui derek lateral atau jalur angkut yang terletak di buritan jauh. Dek penerbangan dan hanggar berukuran untuk menampung satu helikopter NH90.

Posting Komentar untuk "Ficantieri Italia Luncurkan Korvet Pertahanan Udara ke-3 Pesanan AL Qatar"