Pasukan Katak TNI AL Berhasil Menyusup Ke Negara Musuh Dari Kapal Selam KRI Ardadeli

Satuan Kapal Selam (Satsel) TNI AL bersama Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II menggelar Latihan Peluncuran Perenang Tempur dari kapal selam KRI Ardadedali-404, Kamis (21/10/2021).

Latihan dilaksanakan selama lima hari,tepatnya dari tanggal 18 hingga 22 Oktober 2021. Selama 2 dua hari para peserta mendapatkan teori dan familiarisasi peralatan, baik yang dimiliki kapal selam maupun peralatan selam yang digunakan dalam pelaksanaan combat diver. Hari ke-3 sampai ke -5, peserta melaksanakan praktek di KRI Ardadedali-404.

Terpisah, Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.(Han) mengungkapkan bahwa Latihan ini merupakan bagian dari pembinaan operasi dan latihan Koarmada II, yang dilaksanakan setiap 3 (tiga) bulanan.

Sementara itu dalam skenario latihan, kapal selam diperintahkan melaksanakan operasi infiltrasi pasukan khusus ke negara musuh. Dimana kapal selam duduk dasar pada perairan negara musuh dengan kedalaman 15 meter dengan jarak ke titik pantai negara musuh sekitar 2 Nm. Kemudian pasukan khusus diluncurkan melalui tabung torpedo (petor), cooning tower dan sidehatch dari kapal selam.

Lebih lanjut menurutnya, kondisi mental dan fisik yang kuat bagi seorang prajurit pasukan khusus sangat diperlukan dalam mendukung kesuksesan dan keberhasilan operasi.

Posting Komentar untuk "Pasukan Katak TNI AL Berhasil Menyusup Ke Negara Musuh Dari Kapal Selam KRI Ardadeli"