Rusia Sukses Tes Terbang Rudal Hipersonik Tsirkon

Rusia telah berhasil menyelesaikan uji terbang rudal jelajah hipersonik Tsirkon canggihnya dari frigat Admiral Gorshkov Armada Utara, sebuah sumber yang dekat dengan Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kepada TASS.

Menurut sumber itu, uji coba rudal hipersonik Tsirkon berikutnya direncanakan akan dimulai pada November dan diharapkan berlanjut pada 2022. Setelah itu, pengiriman rudal ke Angkatan Bersenjata Rusia akan dimulai.

Asosiasi Penelitian dan Produksi Reutov untuk Pembuatan Mesin (NPO Mashinostroeniya, bagian dari Tactical Missiles Corporation), yang telah mengembangkan dan memproduksi rudal hipersonik Tsirkon, menolak mengomentari informasi tersebut.

Selama forum Army 2021 pada 24 Agustus, sebuah kontrak ditandatangani dengan Kementerian Pertahanan untuk pengiriman rudal hipersonik Tsirkon ke Angkatan Bersenjata Rusia. Menurut CEO NPO Mashinostroeniya Alexander Leonov, kontrak akan dipenuhi pada tahun 2025.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa rudal Tsirkon yang mampu terbang dengan kecepatan sekitar 9 Mach dan mengenai sasaran pada jarak lebih dari 1.000 km (621 mil) akan segera bertugas di Rusia.

Dilaporkan pada 19 Juli bahwa frigat Admiral Gorshkov telah berhasil melakukan uji peluncuran rudal hipersonik Tsirkon terhadap target darat. Rudal itu terbang dengan kecepatan 7 Mach dan menempuh jarak lebih dari 350 km (217 mil). Menurut kantor pers Kementerian Pertahanan, frigat utama Project 22350 meluncurkan rudal dari Laut Putih. Target darat terletak di pantai Laut Barents.

Posting Komentar untuk "Rusia Sukses Tes Terbang Rudal Hipersonik Tsirkon"