Tertunda Bertahun-tahun, Helikopter MD530 Pesanan Akan Segera Dikirim

Enam helikopter serang ringan yang dipesan oleh Malaysia sedang dalam tahap akhir pengiriman dan penerimaan, menurut Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein.

Hishammuddin Hussein menjawab pertanyaan yang diajukan oleh anggota parlemen 30 September bahwa enam helikopter MD 530G akan menjalani pemeriksaan prapengiriman di fasilitas pabrikan MD Helicopters di Mesa, Arizona, pada bulan November.

Ini terjadi setelah putaran pertama inspeksi pada bulan Juni dan Juli menemukan “peralatan penting dan perangkat lunak penting” perlu diperbaiki sebelum diterima. Menteri tidak merinci sifat dari masalah ini, tetapi dia mengatakan pengiriman helikopter yang telah lama tertunda dapat dimulai jika mereka lulus inspeksi yang akan datang.

Helikopter tersebut juga telah menjalani proses sertifikasi tipe oleh regulator penerbangan Malaysia, Menhan Hishammuddin juga telah mengkonfirmasi bahwa keenam helikopter tersebut dibuat dan dalam kondisi dapat diterbangkan, dan personel Angkatan Darat Malaysia telah menjalani pelatihan di AS dengan helikopter ini.

Pilot dilatih dalam dua kelompok terpisah antara April dan Juli, sementara awak darat juga menerima pelatihan teknis dalam dua kelompok antara Mei dan Agustus. Pelatihan penerbangan berlangsung di wilayah Texas barat yang disewa oleh MD Helicopters, dengan MD 530G telah memperoleh izin dari otoritas sipil AS.

Malaysia memesan helikopter MD 530G pada 2016. Pengiriman awalnya seharusnya dilakukan dalam dua gelombang dua yang pertama pada Juli 2017, dengan empat lainnya dijadwalkan tiba pada Desember 2018. Namun pengiriman telah berulang kali ditunda karena masalah “teknis” dan lainnya.

Batas waktu pengiriman kemudian ditetapkan pada akhir tahun 2020, tetapi batas waktu yang ditetapkan oleh Panglima Angkatan Darat Malaysia juga tidak meleset lagi.

MD 530G dilengkapi dengan glass cockpit digital; manajemen misi Tek Fusion dan sistem manajemen senjata; ballistic armor protection; sa crash-tolerant fuel system; a chin-mounted Wescam MX-10D electro-optical/infrared laser designation yang dipasang di dagu; dan sistem helm-mount Thales Scorpion untuk membantu kesadaran situasional pilot.

Malaysia memilih untuk memasangkan helikopter dengan pod senapan mesin kaliber 50 FN Herstal HMP400 Belgia dan pod M260 tujuh tembakan untuk roket 70mm. Helikopter akan berbasis di negara bagian Sabah di Malaysia timur, yang dalam beberapa tahun terakhir menghadapi tantangan keamanan terkait dengan pemberontakan yang sedang berlangsung dan pelanggaran hukum umum di Filipina selatan.

Penyelundupan dan pembajakan juga kadang-kadang meluas ke perairan Malaysia timur, bersama dengan geng bersenjata dari Filipina yang menyeberangi laut untuk menyerang resor pantai populer di Sabah, terkadang menculik turis untuk mendapatkan uang tebusan.

Posting Komentar untuk "Tertunda Bertahun-tahun, Helikopter MD530 Pesanan Akan Segera Dikirim"