Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rusia Embargo Pembangkit Nuklir Pakistan

Layanan Federal untuk Kontrol Teknis dan Ekspor (FSTEC) Rusia menolak untuk mengeluarkan lisensi ekspor untuk monitor dan robot enam kaki dari Technocenter Moskow ke perusahaan Hassan Scientific di Lahore, Pakistan, setelah ditemukan bahwa barang itu akan digunakan untuk Stasiun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chashma. Berita itu dilansir ANI, media berita nasional Rusia.

Pakistan secara tradisional mendapatkan bahan nuklir dari perusahaan swasta di Eropa. Namun, ini telah berubah karena kontrol Uni Eropa yang terus meningkat yang diberlakukan oleh badan pengaturnya. Karena itu, Pakistan harus mencari di tempat lain, termasuk Rusia, untuk mendapatkan barang-barang tersebut. Sekarang tampaknya Pakistan harus mencari di tempat lain sekali lagi karena Moskow juga telah mengamati dengan cermat upaya perusahaan swasta Pakistan untuk mendapatkan barang-barang tersebut untuk pembangkit nuklir Chashma.

Menurut sumber informasi yang dikutip oleh ANI, “pihak Pakistan merasa bahwa otoritas pengatur Rusia mungkin tidak memiliki pengawasan yang ketat. Perlu dicatat bahwa dalam hal pengadaan produk nuklir dan penggunaan ganda, negara Pakistan cenderung mengabaikan sifat hubungan bilateralnya dengan negara lain. Pembangunan hubungan yang stabil dengan Rusia tidak menghalangi Pakistan untuk membeli barang-barang nuklir dari Rusia secara diam-diam.”

Penghentian ekspor peralatan Rusia untuk pembangkit nuklir Chashma Pakistan terjadi meskipun hubungan antara kedua negara membaik. Tercatat bahwa secara tradisional, khususnya selama periode Perang Dingin, Islamabad menikmati hubungan dekat dengan Washington, sementara Moskow memiliki hubungan yang lebih dekat dengan New Delhi yang nonblok.

Dinamika ini mulai bergeser, terutama ketika India menjadi lebih dekat dengan AS dengan keyakinan bahwa hal itu akan mencegah perambahan yang seharusnya dilakukan China terhadap wilayahnya. Pada saat yang sama, Pakistan menjadi semakin dekat dengan Rusia, sesuatu yang sangat tidak terduga ketika mengingat peran kunci negara itu dalam menentang Soviet di kawasan, terutama selama Perang Soviet-Afghanistan (1979-1989).

Posting Komentar untuk "Rusia Embargo Pembangkit Nuklir Pakistan"