Ditahan Amerika Selama 10 Tahun, Pilot Rusia Mengaku Disiksa Selama Di Penjara

Tahanan Rusia yang dibebaskan oleh Amerika Serikat dalam pertukaran tahanan di Turki adalah Konstantin Yaroshenko.

Dia adalah seorang pilot Rusia yang terlibat dalam insiden diplomatik antara Rusia dan Amerika Serikat. Pada tanggal 28 Mei 2010, ia ditangkap di Liberia sebagai bagian dari Operasi Relentless atas tuduhan mempersiapkan pengiriman kokain dalam jumlah besar. Dia kemudian dibawa ke AS dan dijatuhi hukuman 20 tahun penjara oleh pengadilan AS pada 7 September 2011.

Yaroshenko mengklaim bahwa dia tidak mengangkut kargo sama sekali sejak runtuhnya Uni Soviet, tetapi bekerja sebagai ahli kondisi teknis pesawat. Yaroshenko adalah pemilik maskapai penerbangan Rusia CJSC RostAvia yang berbasis di Rostov-on-Don.

Menurut istri Yaroshenko, dia terbang ke Liberia pada 18 Mei 2010 untuk menegosiasikan kontrak baru, negara yang belum pernah dia kunjungi sebelumnya. Pada 28 Mei 2010, Yaroshenko ditangkap di ibukota Liberia, Monrovia, oleh petugas Badan Keamanan Nasional Republik Liberia (NSA) atas tuduhan mempersiapkan pengangkutan kargo kokain dalam jumlah besar.

Pada tanggal 30 Mei 2010, pihak berwenang Liberia menyerahkan Yaroshenko kepada petugas Administrasi Penegakan Narkoba AS (DEA), bagian dari Departemen Kehakiman AS, dengan surat perintah penangkapan yang dikeluarkan oleh Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Selatan New York.

Pada 1 Juni 2010, Administrasi Penegakan Narkoba Departemen Kehakiman AS melaporkan penemuan jaringan penyelundup yang berencana mengirim tiga pengiriman kokain besar dengan total sekitar 4 ton dan senilai $100 juta dari Kolombia ke Liberia dan Ghana, yang dipasok oleh sayap kiri. kelompok pemberontak FARC.

Pada tanggal 19 Juli, kedutaan Rusia di Washington mengirim catatan ke Departemen Luar Negeri AS, menunjukkan bahwa tidak dapat diterima bahwa layanan diplomatik tidak diberitahu pada waktunya tentang penahanan pilot Rusia. Para diplomat Rusia berpendapat bahwa Konvensi Wina 1963 tentang Hubungan Konsuler tidak pernah dilanggar secara serius. Badan intelijen AS menangkap seorang warga negara Rusia di negara ketiga untuk pertama kalinya untuk menyelundupkannya ke AS.

Selama dipenjara, Yaroshenko berkali-kali mengeluh tentang penyiksaan, pemukulan, dan kurangnya perawatan medis. Dia mengatakan dia dilarang menyebutkan penyiksaan di pengadilan.

Posting Komentar untuk "Ditahan Amerika Selama 10 Tahun, Pilot Rusia Mengaku Disiksa Selama Di Penjara"