Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gencatan Senjata Di Yaman Disambut Pesimis Oleh Warga

Gencatan senjata di Yaman yang ditengahi PBB yang berlaku pada Sabtu malam menawarkan sekilas harapan, meskipun banyak orang Yaman tidak yakin gencatan senjata akan mengakhiri perang yang telah berlangsung selama tujuh tahun yang telah mengancam jutaan orang dengan kemiskinan, tunawisma dan kelaparan. .

Setelah banyak upaya perdamaian yang gagal dan lebih dari satu tahun meningkatnya kekerasan, warga Yaman menyambut berita itu dengan hati-hati.

“Gencatan senjata itu bagus tapi saya tidak yakin dengan keberhasilannya, karena masing-masing pihak akan memiliki interpretasi yang berbeda tentang bagaimana menerapkannya dan itu akan runtuh,” kata ahli listrik berusia 38 tahun Murad Abdullah di kota pelabuhan selatan Aden, ibu kota sementara pemerintah Yaman pro Arab Saudi.

Gencatan senjata dua bulan, yang bertepatan dengan dimulainya bulan puasa Ramadhan, adalah pertama kalinya sejak 2016 pihak yang bertikai telah menyetujui penghentian permusuhan secara nasional.

Pegawai pemerintah Ibtihal al-Arashi melihat kesepakatan itu bersifat sementara, menunjuk pada kegagalan upaya perdamaian pada Ramadhan sebelumnya. “Kami ingin mengakhiri perang yang absurd ini. Kami menginginkan perdamaian sejati di bawah negara sipil yang melindungi hak dan kebebasan warga,” katanya.

Gencatan senjata itu akan mulai berlaku pada pukul 7 malam. waktu setempat (16:00 GMT) dan dapat diperpanjang.

Kesepakatan itu mencakup penghentian operasi militer ofensif, termasuk serangan lintas perbatasan, dan juga memungkinkan impor bahan bakar ke daerah-daerah yang dikendalikan oleh kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran dan beberapa penerbangan komersial untuk beroperasi dari ibu kota yang dikuasai Houthi, Sanaa.

Koalisi militer yang dipimpin oleh Arab Saudi, yang melakukan intervensi pada Maret 2015 untuk mendukung pemerintah Yaman melawan Houthi, mengendalikan laut dan ruang udara Yaman.

Pelanggan di pasar Sanaa yang sibuk menyambut kemungkinan bahwa gencatan senjata mungkin akan menunjukkan kemajuan nyata setelah bertahun-tahun mengalami kesulitan.

“Gencatan senjata ini memang bagus, hal yang luar biasa, tapi mari kita lihat bagaimana itu benar-benar dilaksanakan … Jika pemogokan di Sanaa berhenti, bandara terbuka, pelabuhan Hodeidah dibuka, maka kita akan merasakan ada gencatan senjata, itu ada sesuatunya. nyata,” kata Najeeb al-Bashiri, seorang pegawai pemerintah.

Posting Komentar untuk "Gencatan Senjata Di Yaman Disambut Pesimis Oleh Warga"