Kapal Selam Rusia Mulai Dipersenjatai Rudal Kaliber Dengan Jangkauan 2500KM

Pada 24 April, sumber-sumber Rusia membagikan foto tentang penguatan daya gempur dari Armada Rusia di laut hitam yang baru saja kehilangan kapal komando Moskva. Salah satu yang mendapat amunisi mematikan adalah kapal selam Velikiy Novgorod (B-268), upgrade Kelas Kilo, yang tampak sedang diisi dengan empat rudal jelajah serangan darat 3M14K Kalibr di pelabuhan Sevastopol. Foto-foto itu dilaporkan diambil pada pertengahan April.

Kapal selam serang dari Armada Laut Hitam itu dilaporkan telah melakukan beberapa serangan terhadap target militer bernilai tinggi pasukan Kiev sejak awal operasi militer khusus Rusia di Ukraina. Penggunaan terbaru dilaporkan pada 22 April.

Rudal jelajah Kalibr 3M14T memiliki jangkauan hingga 2.500 kilometer. Sistem panduan rudal menggunakan INS [sistem navigasi inersia] dan sistem panduan satelit GLONASS. Rudal dapat terbang di ketinggian rendah berkat sistem TERCOM [pencocokan kontur medan].

Rudal tersebut memiliki kecepatan hingga 3 mach kecepatan suara mampu membawa hulu ledak 450 kg tipe HE-FRAG [fragmentasi ledakan tinggi] atau hulu ledak penghancur bunker.

Keluarga Kalibr mencakup beberapa jenis rudal serangan darat, anti-kapal dan anti-kapal selam yang dapat diluncurkan dari kapal perang, kapal selam, kendaraan darat dan bahkan pesawat tempur. Rudal jelajah serangan darat yang diluncurkan kapal dari keluarga Kalibr telah terlihat beraksi di Ukraina.

Setidaknya enam kapal selam Kilo yang Ditingkatkan diketahui beroperasi dengan Brigade Kapal Selam Independen ke-4 Armada Laut Hitam. Kapal selam yang tenang dan bersenjata lengkap ini dapat memberikan kemampuan ofensif yang serius. Terutama setelah karamnya Kapal Moskva.

Posting Komentar untuk "Kapal Selam Rusia Mulai Dipersenjatai Rudal Kaliber Dengan Jangkauan 2500KM"