Kuasai Mariupol, Rusia Pindahkan Pasukan Elit Ke Ukraina Timur

Pihak berwenang Ukraina mengklaim pada hari Jumat bahwa militer Rusia memindahkan selusin unit dari kota pelabuhan Mariupol yang hancur ke Ukraina timur.

Sementara itu, Rusia melaporkan bahwa satu tentara tewas dan 27 lainnya hilang setelah kebakaran di kapal perang Moskva, yang tenggelam seminggu lalu menyusul apa yang dibanggakan oleh pihak Ukraina sebagai serangan rudal. Moskow sebelumnya melaporkan semua penumpang telah diselamatkan.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak mengakui adanya serangan terhadap kapal tersebut. Dikatakan bahwa kebakaran terjadi setelah amunisi diledakkan, tanpa menjelaskan bagaimana itu terjadi. Hilangnya kapal penjelajah berpeluru kendali – unggulan armada Laut Hitam Rusia – merupakan kemunduran yang memalukan bagi Moskow.

Di Mariupol, yang sebagian besar menjadi puing-puing berasap oleh pengeboman selama berminggu-minggu, TV pemerintah Rusia menunjukkan bendera separatis Donetsk pro-Moskow dikibarkan di tempat yang dikatakannya sebagai titik tertinggi kota itu, menara TV-nya. Itu juga menunjukkan apa yang dikatakannya sebagai bangunan utama di pabrik baja Azovstal yang terkepung di Mariupol yang terbakar.

Kremlin telah mengerahkan lebih dari 100.000 tentara dan tentara bayaran dari Suriah dan Libya ke dalam pertempuran di Ukraina dan mengerahkan lebih banyak pasukan di negara itu setiap hari, kata Oleksiy Danilov, sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina.

“Kami memiliki situasi yang sulit, tetapi tentara kami membela negara kami,” tambahnya.

Banyak kota dan desa dibombardir di Donbass – kawasan industri di timur yang telah dinyatakan Kremlin sebagai teater perang utama yang baru – serta di wilayah Kharkiv di barat, dan di selatan, kata pihak berwenang.

Pasukan Rusia memukul sekitar 2.000 pejuang Ukraina yang bersembunyi di dalam pabrik Azovstal yang luas, kantong perlawanan terakhir yang diketahui di kota pelabuhan selatan yang strategis. Pabrik tersebut telah sepenuhnya dikuasai Rusia setelah dibombardir secara brutal pada hari Rabu kemarin.

Posting Komentar untuk "Kuasai Mariupol, Rusia Pindahkan Pasukan Elit Ke Ukraina Timur"