Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Milisi Irak Pro Iran Serang Kilang Minyak Di Wilayah Kurdistan Irak Yang Pro Israel

Pada tanggal 6 April, serangan roket menargetkan kilang minyak di distrik Khabat di Wilayah Kurdistan di Irak utara.

“Malam ini, tiga roket mendarat di dekat kilang minyak di distrik Khabat di perbatasan antara Erbil dan Nineveh,” kata Direktorat Jenderal Penanggulangan Terorisme di Kurdistan dalam sebuah pernyataan.

Roket diluncurkan dari distrik al-Hamdaniya di Niniwe. Di lokasi peluncuran, pasukan keamanan menemukan apa yang tampak seperti roket Arash-4 yang gagal ditembakkan.

Roket Arash-4 122 mm dibuat oleh Organisasi Industri Pertahanan Iran. Roket memiliki jangkauan maksimum 40 kilometer dan dipersenjatai dengan hulu ledak HE-FRAG [High Explosive – Fragmentation]. Roket jenis ini digunakan oleh faksi-faksi pro-Iran di Irak dalam sejumlah serangan sebelumnya.

Pada bulan Maret, Korps Pengawal Revolusi Islam Iran meluncurkan selusin rudal balistik di kota Erbil, ibu kota Wilayah Kurdistan. Para penjaga mengatakan bahwa sasarannya adalah pusat intelijen Israel. Namun, Reuters mengatakan bahwa serangan itu menghantam vila seorang pengusaha Kurdi yang terlibat dalam sektor energi wilayah Kurdistan. Menurut sebuah laporan baru-baru ini oleh kantor berita, pemogokan itu merupakan tanggapan terhadap rencana daerah otonom untuk memasok gas ke Turki dan Eropa dengan bantuan Israel.

Serangan roket di kilang Khabat mungkin merupakan peringatan oleh faksi-faksi pro-Iran kepada Pemerintah Wilayah Kurdistan agar tidak bekerja sama dengan Israel.

Posting Komentar untuk "Milisi Irak Pro Iran Serang Kilang Minyak Di Wilayah Kurdistan Irak Yang Pro Israel"