Pejuang Palestina Luncurkan Drone Baru "Jenin", Transfer Teknologi Dari Iran

Brigade al-Quds, sayap militer Jihad Islam Palestina (PIJ), telah meluncurkan pesawat tak berawak yang dijuluki “Jenin” dalam sebuah langkah yang menyoroti kemampuan faksi-faksi bersenjata Palestina yang berkembang di Jalur Gaza.

Pada tanggal 28 April, Abu Hamzah, juru bicara Brigade al-Quds, mempresentasikan rekaman drone baru selama pesan video untuk memperingati Hari Quds yang akan datang.

“Drone Jenin sukses beroperasi terima kasih kepada Tuhan, dalam bidang operasional angkatan udara, yang terus diperkuat dan dikembangkan oleh mujahidin kami di dalam Jalur Gaza yang terkepung,” kata juru bicara itu.

Abu Hamzah mengungkapkan drone bersenjata yang dikembangkan Brigade al-Quds digunakan untuk menyerang kendaraan lapis baja Humvee milik Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di dekat Jalur Gaza pada 2019.

Brigade al-Quds tidak mengungkapkan rincian apa pun tentang drone Jenin, yang dinamai berdasarkan nama kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat. Baru-baru ini, IDF membunuh beberapa anggota PJI dan melukai banyak lainnya selama serangkaian penggerebekan di kamp tersebut.

Drone Jenin tampaknya merupakan tranfer teknologi dari Drone KAS-04 milik Iran. Sekutu Teheran di Lebanon, Suriah, Irak, dan Yaman mengoperasikan beberapa varian drone jenis ini dengan nama berbeda.

Faksi bersenjata Gaza menggunakan drone tempur melawan IDF di masa lalu. Selama pertempuran 2021, Brigade Izz ad-Din al-Qassam, sayap militer Gerakan Hamas, menggunakan salinan drone bunuh diri Ababil-2 Iran yang dijuluki “Shehab” untuk menyerang target Israel di dekat Gaza. IDF telah bekerja untuk meningkatkan kemampuannya untuk mendeteksi dan mencegat drone tempur sejak akhir pertempuran.

Kehadiran drone Jenin merupakan peringatan bagi Israel yang terus memberlakukan tindakan keamanan yang ketat terhadap warga Palestina di Yerusalem dan Tepi Barat.

Posting Komentar untuk "Pejuang Palestina Luncurkan Drone Baru "Jenin", Transfer Teknologi Dari Iran"