Rusia Tangkap Dua Tentara Bayaran Asal Inggris, Minta Ditukar Nyawa Dengan Aktifis Pro Rusia

Dua tentara bayaran Inggris yang ditangkap di Ukraina oleh pasukan Rusia muncul Senin di TV pemerintah Rusia, menyerukan untuk ditukar dengan seorang taipan asal Ukraina dan politisi pro-Rusia yang ditahan oleh pihak berwenang Ukraina.

Tidak jelas seberapa bebas kedua pria itu – Shaun Pinner dan Aiden Aslin – dapat berbicara. Keduanya berbicara secara terpisah setelah diminta oleh seorang pria tak dikenal. Rekaman itu disiarkan di saluran TV pemerintah Rossiya 24.

Baik Pinner dan Aslin bertempur di pihak Ukraina di Mariupol, yang sekarang hampir seluruhnya berada di bawah kendali Rusia.

Kedua pria itu meminta Perdana Menteri Inggris Boris Johnson untuk membantu membawa mereka pulang dengan imbalan Ukraina membebaskan politisi pro-Rusia Viktor Medvedchuk, yang ditawan oleh militer Ukraina dan juga telah dibuatkan video yang dirilis sekitar waktu yang sama pada hari Senin oleh dinas intelijen SBU Ukraina, yang juga meminta untuk ditukar juga.

Oligarki Viktor Medvedchuk, yang merupakan mantan pemimpin partai oposisi pro-Rusia dan rekan dekat pemimpin Rusia Vladimir Putin, duduk diborgol setelah ditahan dalam operasi khusus yang dilakukan oleh dinas rahasia SBU negara itu, Ukraina, 12 April, 2022. (Foto AP)

Politisi Ukraina pro-Rusia Medvedchuk juga meminta untuk ditukar dengan para pembela kota Mariupol di Ukraina dan setiap warga sipil yang diizinkan pergi. video itu dirilis oleh layanan keamanan Ukraina di Facebook untuk diserahkan ke Moskow dalam pertukaran tahanan untuk pasukan Ukraina dan warga sipil yang terperangkap di kota Mariupol yang terkepung. Tidak jelas seberapa bebas Medvedchuk berbicara dalam video tersebut.

Medvedchuk, pemimpin Partai Platform Oposisi – For Life, adalah sekutu Putin. Medvedchuk telah ditempatkan di bawah tahanan rumah tahun lalu untuk menghadapi tuduhan pengkhianatan dan pendanaan terorisme, yang dia bantah. Dia melarikan diri beberapa hari setelah invasi Rusia dimulai pada bulan Februari, tetapi kemudian ditangkap oleh intelijen Ukraina.

Posting Komentar untuk "Rusia Tangkap Dua Tentara Bayaran Asal Inggris, Minta Ditukar Nyawa Dengan Aktifis Pro Rusia"