Turki Tegaskan Tidak Ada Kapal Perang Yang Melewati Selat Bosphorus Sejak Perang Ukraina Meletus

Turki telah memastikan telah mencekal semua perjalanan kapal perang melalui Selat Bosphorus Turki sejak awal perang antara Ukraina dan Rusia dengan menerapkan Konvensi Montreux, dan meyakinkan tidak ada kapal perang yang melewati selat itu sejak saat itu, kata Menteri Pertahanan Hulusi Akar, Rabu 27/04/2022.

Akar berbicara setelah pertemuan NATO tentang perang Ukraina yang diselenggarakan oleh Amerika Serikat di pangkalan udara AS di Ramstein, Jerman.

Menyatakan bahwa mereka mengadakan pertemuan konsultasi pertahanan dan keamanan untuk Ukraina dengan perwakilan lebih dari 40 negara, Akar mencatat bahwa mereka bertukar pandangan dengan beberapa nama, terutama Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov.

Turki telah mengikuti perkembangan di Ukraina, kata Akar. “Kami mengikuti perkembangan dengan prihatin. Menurut berita yang diterima, ada beberapa situasi yang merepotkan. Seperti semua negara, kami melakukan berbagai upaya untuk menghilangkannya. Secara umum, dialog dan pendekatan yang terkendali itu penting. jalan diplomasi dengan pendekatan moderat. Oleh karena itu, kami menganggap bahwa solusi yang lebih damai dapat ditemukan.”

Akar menyatakan bahwa mereka memiliki kesempatan untuk berbagi perspektif Turki tentang peristiwa sekali lagi pada pertemuan tersebut dan menambahkan: “Sebagai Turki, presiden kami (Recep Tayyip Erdoğan) telah memiliki sikap yang telah kami kemukakan di tingkat menteri sejak awal. Pada awal krisis, kami melakukan studi yang sangat serius dan komprehensif untuk mencegah perang dan memastikan gencatan senjata sesegera mungkin setelah perang pecah. Menteri Rusia dan Ukraina dipertemukan di Forum Diplomasi Antalya. Lalu ada adalah pertemuan yang sering dilakukan presiden kita dengan Tuan Putin dan Tuan Zelenskyy. Dalam pertemuan ini, presiden kita berusaha untuk datang ke meja sehingga gencatan senjata dapat dicapai sesegera mungkin.”

“Meskipun ada beberapa kesulitan, kami berharap, dengan usulan presiden kami, mungkin kedua pemimpin dapat berkumpul dalam beberapa hari mendatang. Sebagai Turki, kami terus berkontribusi untuk apa pun yang perlu dilakukan, termasuk mediasi, sehingga situasi kemanusiaan yang semakin memburuk tidak semakin memburuk dan gencatan senjata dicapai sesegera mungkin.”

Posting Komentar untuk "Turki Tegaskan Tidak Ada Kapal Perang Yang Melewati Selat Bosphorus Sejak Perang Ukraina Meletus"