Babak Baru Hubungan Israel dan Turki Yang Makin Akrab

Babak baru dalam hubungan bilateral antara Turki dan Israel membuka pintu untuk kerja sama di banyak bidang mulai dari energi hingga keamanan serta berkontribusi pada stabilitas di kawasan itu, kata para ahli sambil mencatat harapan dan tuntutan tertentu dari kedua belah pihak satu sama lain dari seorang realis.

Dalam beberapa bulan terakhir, kedua kekuatan regional telah mencari pemulihan hubungan setelah hampir satu dekade retak, sementara Turki baru-baru ini bekerja untuk meningkatkan hubungan dengan beberapa negara di kawasan Teluk dan Timur Tengah, termasuk Arab Saudi, Mesir dan Uni Emirat Arab. (UEA), sebagai bagian dari proses normalisasi yang diluncurkan pada tahun 2020.

Karel Valansi, seorang kolumnis di surat kabar mingguan Turki-Yahudi, Salom, menggambarkan perkembangan terakhir sebagai “babak baru dalam hubungan bilateral,” mengatakan bahwa ada banyak kepentingan bersama dan kesepakatan yang menguntungkan dari kerja sama Turki dan Israel.

“Menyusul rencana kunjungan (Menteri Luar Negeri Mevlüt) avuşoğlu ke Israel pada bulan Mei, Saya yakin kami juga dapat mengharapkan peningkatan volume perdagangan,” katanya.

Menurut Valansi, memulai kembali dialog yang mencari bidang kerja sama bisa menjadi langkah awal. “Juga, pertukaran budaya dan turnamen olahraga persahabatan dapat membantu mengubah opini publik di kedua negara. Keterlibatan akademisi dan masyarakat sipil juga dapat membantu memperkuat hubungan bilateral,” tambahnya.

Analis dan Peneliti Politik Gökhan Çınkara juga menggarisbawahi bahwa jadwal kunjungan Menlu Turki ke Israel akhir bulan ini akan menjadi pertemuan terpenting bagi hubungan diplomatik bilateral untuk beralih ke rute normal mereka.

“Kunjungan ini juga akan mencakup kesempatan tinjauan teknis untuk menyelesaikan perselisihan antara Israel dan Turki. Mengingat Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid adalah tokoh politik yang kuat, kita dapat mengatakan bahwa langkah-langkah yang akan diambil dalam hubungan bilateral juga akan menjadi produk dari konsensus dalam politik pusat Israel,” katanya.

Menlu Turki Avuşoğlu mengumumkan dia akan mengunjungi Israel pada 24 Mei di tengah meningkatnya upaya antara rival regional untuk memperbaiki hubungan, empat tahun setelah Turki mengusir duta besar Israel.

Posting Komentar untuk "Babak Baru Hubungan Israel dan Turki Yang Makin Akrab"