Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arab Saudi Buka Ruang Udaranya Untuk Pesawat Israel

Arab Saudi telah membuka wilayah udaranya untuk semua maskapai penerbangan dalam sebuah langkah yang dimaksudkan untuk memungkinkan lebih banyak penerbangan ke dan dari Israel.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada 14 Juli, Otoritas Umum Penerbangan Sipil Saudi (GACA) mengatakan bahwa wilayah udara kerajaan sekarang terbuka untuk semua maskapai penerbangan yang memenuhi persyaratan untuk penerbangan, sejalan dengan konvensi internasional yang mengatakan tidak boleh ada diskriminasi antara penerbangan sipil. pesawat terbang.

GACA mengatakan bahwa keputusan itu akan “melengkapi upaya yang bertujuan untuk mengkonsolidasikan posisi kerajaan sebagai pusat global yang menghubungkan tiga benua dan untuk meningkatkan konektivitas udara internasional.”

Pengumuman Arab Saudi datang ketika Presiden AS Joe Biden bersiap untuk terbang ke kerajaan dari Israel sebagai bagian dari tur regional. Biden menyambut baik langkah Saudi.

“Keputusan ini membuka jalan bagi kawasan Timur Tengah yang lebih terintegrasi, stabil, dan aman, yang sangat penting bagi keamanan dan kemakmuran Amerika Serikat dan rakyat Amerika, dan untuk keamanan dan kemakmuran Israel,” Keamanan Nasional Gedung Putih Penasihat Jake Sullivan mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Langkah Saudi, yang dimaksudkan untuk menormalkan hubungan dengan Israel, akan memungkinkan penerbangan yang lebih pendek dari Asia ke Israel. Maskapai penerbangan yang beroperasi di jalur ini tidak lagi diharuskan mengambil rute panjang di sekitar Arab Saudi sebelum menuju ke Israel.

Sebagai tanggapan nyata terhadap langkah Saudi, Israel menyetujui kesepakatan yang akan menyerahkan kendali atas dua pulau strategis Laut Merah dari Mesir ke Arab Saudi.

Pejabat Israel mengatakan kepada Axios pada 14 Juli bahwa mereka telah memberikan lampu hijau untuk kesepakatan pulau Tiran dan Sanafir ke AS. Para pejabat mengatakan bahwa kesepakatan Mesir-Saudi atas dua pulau, yang telah dibuat sejak 2016, telah disetujui oleh kantor perdana menteri Israel serta kementerian luar negeri dan pertahanan.

Begitu dia tiba di Arab Saudi, Biden dilaporkan akan mengumumkan keberhasilan menengahi kesepakatan regional yang rumit yang akan membuat Arab Saudi mengambil langkah menuju normalisasi dengan Israel sambil menguasai keduanya.

Normalisasi hubungan antara Arab Saudi dan Israel sangat penting untuk keberhasilan tur Biden ke Timur Tengah yang terutama dimaksudkan untuk membangun basis aliansi pertahanan udara Israel-Arab melawan Iran. Teheran telah mengumumkan bahwa mereka akan menanggapi rencana AS.

Posting Komentar untuk "Arab Saudi Buka Ruang Udaranya Untuk Pesawat Israel"