Bantuan Terbaru AS Untuk Ukraina Senilai 820 Juta Dolar Termasuk Rudal NASAMS

Pada 1 Juli, AS mengumumkan $820 juta bantuan militer tambahan untuk Ukraina, termasuk sistem pertahanan udara canggih.

Ini adalah penarikan keempat belas peralatan dari inventaris Departemen Pertahanan (DoD) AS untuk Ukraina yang telah disahkan oleh Administrasi Biden sejak Agustus 2021. AS kini telah mengirim $7,6 miliar bantuan ke Ukraina, termasuk hampir $7 miliar sejak awal Operasi militer khusus Rusia di negara itu pada 24 Februari.

Dalam sebuah pernyataan, Departemen Pertahanan mengatakan bahwa paket bantuan militer baru akan mencakup:

  • Amunisi tambahan untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS);
  • Dua Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Tingkat Lanjut Nasional (NASAMS);
  • Hingga 150.000 butir amunisi artileri 155 mm;
  • Empat radar kontra-artileri tambahan.

Elemen terpenting dari paket baru ini adalah sistem pertahanan udara jarak pendek hingga menengah NASAMS, yang diharapkan AS akan membantu pasukan Kiev bertahan melawan rudal dan pesawat tempur Rusia.

NASAMS dikembangkan oleh perusahaan Norwegia Kongsberg Defense & Aerospace bekerja sama dengan Raytheon di AS. Departemen Pertahanan berterima kasih kepada Norwegia karena memfasilitasi transfer sistem ke Ukraina.

“AS terus bekerja dengan Sekutu dan mitranya untuk memberi Ukraina kemampuan untuk memenuhi persyaratan medan perangnya yang terus berkembang. Secara khusus, DoD mengakui kerja sama Norwegia untuk memungkinkan penyediaan bersejarah oleh Amerika Serikat tentang sistem pertahanan udara modern yang akan membantu Ukraina bertahan melawan serangan udara brutal Rusia, ”kata DoD dalam pernyataannya.

NASAMS, yang diterjunkan oleh Norwegia pada akhir 1990-an, dirancang untuk bertahan melawan drone, helikopter, rudal jelajah, dan pesawat tempur.

Sistem pertahanan udara generasi pertama dan kedua dipersenjatai dengan AIM-120 AMRAAM, yang dirancang untuk pertempuran udara-ke-udara.

Meskipun jangkauan udara-ke-udara untuk AMRAAM diperkirakan 75 km untuk AIM-120B dan lebih dari 160 km untuk AIM-120D terbaru, jangkauan ini diperkirakan untuk pertemuan langsung oleh pesawat yang bergerak cepat di ketinggian. Jangkauannya berkurang menjadi hanya 30 kilometer ketika AMRAAM diluncurkan dari darat.

Generasi ketiga NASAMS dipersenjatai dengan varian AMRAAM yang khusus dikembangkan untuk peluncuran darat, AMRAAM ER. Versi ini memiliki jangkauan lebih dari 40 kilometer.

Sistem NASAMS dibangun di sekitar AN/MPQ-64 Sentinel X-band, radar pulse-Doppler, yang memiliki jangkauan maksimum 40 hingga 120 kilometer tergantung pada versinya. Radar lain dapat diintegrasikan ke dalam sistem.

Sistem pertahanan udara kemungkinan akan efektif melawan rudal jelajah karena AMRAAM dan AMRAAM ER keduanya dilengkapi dengan pencari radar aktif, fitur yang memberikan keuntungan ketika berhadapan dengan target udara kecil.

Ukraina kemungkinan akan menggunakan sistem NASAMS untuk mempertahankan ibu kota Kiev dari serangan rudal Rusia karena kemungkinan tidak akan begitu efektif di garis depan di mana pesawat tempur Rusia terbang di ketinggian rendah dan menyerang dari jarak jauh.

Efektivitas sistem terhadap rudal jelajah Rusia yang lebih canggih seperti siluman Kh-101, yang biasanya digunakan dalam serangan di Kiev, masih dipertanyakan. Juga tidak jelas berapa lama sistem ini akan mampu bertahan dari operasi rutin SEAD [Suppression of Enemy Air Defenses] Angkatan Udara Rusia.

Posting Komentar untuk "Bantuan Terbaru AS Untuk Ukraina Senilai 820 Juta Dolar Termasuk Rudal NASAMS"