Iran Siap Kirim Bantuan Ratusan Drone Untuk Rusia

Iran sedang bersiap untuk memberi Rusia beberapa ratus pesawat tak berawak, termasuk beberapa dengan kemampuan tempur, kata penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan kepada wartawan pada 11 Juli.

Sullivan membuat pengumuman tersebut saat briefing sore di Gedung Putih. Penasihat itu mengatakan bahwa AS memiliki informasi yang menunjukkan Iran sedang mempersiapkan untuk melatih pasukan Rusia untuk menggunakan drone ini, menambahkan bahwa pengiriman akan dimulai di beberapa titik bulan ini.

“Tidak jelas apakah Iran telah mengirimkan salah satu dari UAV ini ke Rusia,” kata Sullivan. “Ini hanyalah salah satu contoh bagaimana Rusia melihat ke negara-negara seperti Iran untuk kemampuan yang … telah digunakan sebelum kami memberlakukan gencatan senjata di Yaman untuk menyerang Arab Saudi.”

Sullivan melanjutkan dengan menekankan bahwa AS akan terus mendukung Ukraina dalam menghadapi operasi militer khusus Rusia yang sedang berlangsung.

Ketika ditanya tentang pernyataan Sullivan, juru bicara kementerian luar negeri Iran Nasser Kanaani tidak membenarkan atau membantahnya.

“Sejarah kerjasama antara Iran dan Rusia di bidang beberapa teknologi modern dimulai sebelum perang di Ukraina,” kata Kanaani seperti dikutip oleh kantor berita semi-resmi Mehr. “Belum ada perkembangan khusus dalam hal ini baru-baru ini.”

Meskipun dikenakan sanksi ketat, Iran membuat kemajuan pesat dalam teknologi drone dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, negara ini adalah salah satu pemimpin dunia di bidang ini.

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengunjungi Iran pada 19 Juli untuk bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei dan Presiden Ebrahim Raisi. Banyak pengamat Barat berspekulasi bahwa Putin akan membahas dugaan kesepakatan drone selama kunjungan tersebut. Namun demikian, Kremlin menolak spekulasi ini pada 13 Juli.

Militer Rusia mengoperasikan ribuan drone yang dikembangkan dan diproduksi di Rusia. Namun, itu pasti bisa mendapat manfaat dari industri drone Iran yang juga sudah mapan.

Jenis drone Iran apa yang mungkin diminati Rusia masih belum jelas. Militer Rusia mungkin sedang mencari sejumlah besar drone Iran yang lebih murah, seperti Ababil-2, untuk menggunakannya sebagai umpan untuk menguji dan menguras pertahanan udara Ukraina. Mungkin juga tertarik pada beberapa drone bunuh diri Iran yang lebih canggih, seperti Shahed-136 yang dapat mencapai target lebih dari 2.000 kilometer jauhnya dengan akurasi yang tepat. Kemungkinan lain adalah bahwa Rusia sedang mencari kesepakatan transfer teknologi.

Klaim yang dibuat oleh Sullivan bisa jadi benar. Namun, itu mungkin juga rekayasa yang dimaksudkan untuk meningkatkan tekanan pada Iran. Washington tidak puas dengan putaran terakhir pembicaraan dengan Teheran tentang kebangkitan perjanjian nuklir 2015.

Posting Komentar untuk "Iran Siap Kirim Bantuan Ratusan Drone Untuk Rusia"