Pesawat Tempur KF-21 Boramae Sukses Jalani Uji Terbang Kedua

Jet tempur KF-21 buatan Korea Selatan berhasil melakukan uji terbang kedua pada hari Jumat setelah penerbangan perdananya awal bulan ini, kata sebuah sumber informasi Yonhap.

Pesawat tempur itu lepas landas dari Sayap Pelatihan Terbang ke-3 Angkatan Udara di Sacheon, sekitar 300 kilometer selatan Seoul, pada pukul 11:02 pagi, dan terbang selama 39 menit, menurut sumber tersebut.

Tes penerbangan awalnya direncakan untuk hari Kamis tetapi ditunda karena kondisi cuaca.

Sebanyak enam prototipe KF-21, yang diproduksi oleh Korea Aerospace Industries Ltd. dan akan menjalani 2.200 tes penerbangan gabungan hingga tahun 2026 untuk mengonfirmasi kemampuannya secara keseluruhan.

KF-21 berhasil melakukan uji terbang pertamanya pada 19 Juli, menandakan Korea Selatan berada di jalur untuk bergabung dengan klub elit tujuh negara yang telah mengembangkan jet tempur supersonik secara lokal.

Proyek pembangunan senilai 8,8 triliun won (US$6,76 miliar) datang ketika negara tersebut telah mendorong untuk mengganti armada pesawat tempur F-4 dan F-5 yang sudah tua dengan jet kelas atas dan memperkuat kekuatan udaranya untuk melawan pengembangan nuklir Korea Utara.

Biaya proyek ini ditanggung bersama dengan Indonesia, tapi negara itu masih menunggak jumlah iuran yang seharusnya sudah disetor untuk proyek ini. Belum jelas bagaimana kelangsungan Indonesia dalam proyek pesawat ini, tapi tetap ada bendera merah putih dan korea di livery badan pesawat dalam dua kali uji terbang.

Posting Komentar untuk "Pesawat Tempur KF-21 Boramae Sukses Jalani Uji Terbang Kedua"