Rafael Israel Luncurkan Rudal Baru Generasi ke-5 Ice Breaker

Pada 12 Juli, Perusahaan asal Israel, Rafael Advanced Defense Systems meluncurkan rudal jarak air-to-air generasi ke-5 baru yang dapat digunakan untuk menghancurkan berbagai target hingga 300 kilometer jauhnya.

Dalam sebuah pernyataan, Rafael mengatakan bahwa rudal, yang dijuluki “Ice Breaker” adalah “pengganda kekuatan udara, yang dirancang untuk mengatasi tantangan arena perang modern”. Menurut keterangan pers perusahaan tersebut , rudal tersebut, yang membuat debut publiknya di Farnborough Airshow 18-22 Juli. Rudla ini masih satu keluarga dengan Sea Breaker yang diluncurkan tahun lalu.

Bedanya, jika Sea Breaker adalah versi statis yang diluncurkan dari kapal atau darat. Sedangkan Ice Breaker ditembakkan dari wahana pesawat tempur.

Rudal ini memiliki fitur pencari infra-merah pencitraan canggih, ideal untuk target darat dan maritim yang diam atau bergerak. Rudal ini juga dilengkapi dengan datalink yang mendukung pengambilan keputusan man-in-the-loop dan pembaruan taktis secara real-time dan juga memiliki kemampuan pembatalan penerbangan dan kemampuan penilaian kerusakan pertempuran bagi operator untuk melihat target setelah menembakkan rudal. Rudal ini dipersenjatai dengan hulu ledak penetrasi, ledakan, dan fragmentasi 113 kg.

Ice Breaker, yang terbang dengan kecepatan subsonik tinggi, dikatakan mampu menempuh lintasan rendah, memiliki kualitas rendah yang dapat diamati, atau teknologi siluman.

Rafale mengatakan bahwa Ice Breaker dirancang untuk memberikan “kemampuan pemogokan yang akurat dan tepat” dari jarak kebuntuan. Perusahaan mengklaim bahwa rudal itu “tahan terhadap penanggulangan elektronik dan beroperasi penuh di arena yang ditolak GNSS”.

“Menggunakan teknologi kecerdasan buatan RAFAEL yang unik dan terbukti dalam pertempuran, Ice Breaker melakukan pembelajaran mendalam dan pencocokan adegan berbasis data besar, memungkinkan Akuisisi Target Otomatis (ATA) dan Pengenalan Target Otomatis (ATR),” kata perusahaan itu.

Menurut Rafale, Ice Breaker yang hanya berbobot 350 kg ini dapat diluncurkan dari berbagai jet tempur, pesawat ringan, dan helikopter.

Israel telah mengembangkan sistem senjata berpemandu presisi yang diluncurkan dari udara sejak tahun 80-an. Sistem ini memungkinkan jet tempur Israel untuk menghancurkan target bernilai tinggi di arena Anti-Access/Area Denial (A2/AD) canggih dari jarak yang aman.

Posting Komentar untuk "Rafael Israel Luncurkan Rudal Baru Generasi ke-5 Ice Breaker"