Yordania Ingin Serang Suriah Untuk Membendung Pengaruh Iran

Yordania berencana untuk menyerang wilayah selatan Suriah untuk membangun “zona aman” sepanjang 35 kilometer, pengacara Suriah dan aktivis oposisi Suleiman al-Qarfan mengatakan dalam sebuah wawancara dengan media Horan Free league yang diterbitkan pada 4 Juli.

Al-Qarfan mengatakan kepada mmedia berita itu bahwa pertemuan untuk membahas plot itu diadakan di Uni Emirat Arab (UEA) kurang dari sebulan yang lalu. Pertemuan itu dilaporkan dihadiri oleh sejumlah mantan komandan pemberontak dari Daraa, termasuk Kinan al-Aid yang dibunuh di kegubernuran pada 3 Juli.

“Selama pertemuan itu, mereka membahas bahaya kehadiran Iran di pihak Yordania, keasyikan Rusia dengan perangnya di Ukraina, dan refleksinya terhadap negara-negara Arab pada umumnya dan Yordania pada khususnya,” kata aktivis itu.

Al-Qarfan melanjutkan dengan mengklaim bahwa keputusan untuk membangun “zona aman” di Suriah selatan diambil oleh Yordania, UEA Arab Saudi dan Mesir, menambahkan bahwa keputusan itu “direstui” oleh AS dan Israel yang ingin melawan pengaruh Iran di kawasan Levant.

Yordania telah mengeluh tentang peningkatan operasi perdagangan narkoba di sepanjang perbatasannya dengan Suriah selama beberapa bulan sekarang. Untuk mengatasi masalah ini, militer Yordania telah menyiagakan pasukan dalam jumlah besar di sepanjang garis perbatasan.

Lebih lanjut, Raja Abdullah II dari Yordania baru-baru ini berbicara tentang penurunan kehadiran militer Rusia di Suriah selatan, mencatat bahwa ini menyebabkan lebih banyak kegiatan oleh pasukan yang didukung Iran di wilayah tersebut.

Al-Qarfan berspekulasi bahwa pemerintah Damaskus tidak akan menolak invasi Yordania ke Suriah selatan karena akan terus menjalankan perjanjian perbatasan Nassib dengan Yordania.

Pasukan pemerintah Suriah merebut kembali semua Suriah selatan pada 2018 setelah operasi militer yang berakhir dengan perjanjian rekonsiliasi yang ditengahi Rusia. Saat itu, Yordania dan bahkan AS memfasilitasi kesepakatan dengan menekan faksi pemberontak di Daraa dan al-Qunaitra untuk menyerah.

Posting Komentar untuk "Yordania Ingin Serang Suriah Untuk Membendung Pengaruh Iran"