Merasa Puas, Filipina Ingin Tambah 15 Kapal Cepat Rudal Shaldag Buatan Israel

Angkatan Laut Filipina (PN) berencana untuk mengakuisisi setidaknya 15 kapal rudal Shaldag Mark V buatan Israel, yang menjadi basis kapal perang patroli kelas Acero.

“Kami berencana untuk mendapatkan 15 kapal perang kelas ‘Acero’ tambahan (untuk menambah) sembilan (sekarang sedang dalam proses),” kata Kepala Angkatan Laut Laksamana Muda Toribio Adaci Jr. kepada wartawan di sela-sela upacara komisioning dan pengiriman. untuk rudal kapal pencegat serangan cepat (FAIC-Ms) BRP Nestor Acero (PG-901) dan BRP Lolinato To-Ong (PG-902) Senin.

Adaci mengatakan kapal perang kelas “Acero” tambahan akan membantu mereka memenuhi kebutuhan mereka dalam “berpatroli di laut negara”.

Dia juga mengatakan FAIC-M akan ditugaskan ke Littoral Combat Force.

Dia mengatakan empat lagi FAIC-M, nama lain dari kelas “Acero” dalam layanan PN, akan dikirimkan sekitar tahun 2023.

“Saya tidak tahu tanggalnya, yang pasti pengirimanya tahun depan,” tambah kepala PN.

Batch terakhir dari tiga, yang akan dibangun di galangan kapal PN di Naval Station Pascual Ledesma di Cavite, dijadwalkan pada tahun 2024.

Adaci mengatakan Israel Shipyard Limited akan membantu PN merehabilitasi galangan kapal lama dan membuatnya lebih modern dan memungkinkan untuk membangun kapal jenis ini.

“Dengan cara itu, orang-orang kami dapat belajar bagaimana membuatnya, merawat kapal sekelas ‘Acero’ ini dan itu akan menjadi awal dari transfer teknologi,” ujarnya.

Kapal berkecepatan tinggi 32 meter ini dilengkapi dengan kemampuan mencegat cepat, senjata stabil jarak jauh, dan rudal jarak pendek yang mampu memberikan serangan presisi terhadap musuh yang lebih besar dan target bernilai tinggi di darat dan laut.

Empat dari FAIC-M akan dipersenjatai dengan rudal non-line-of-sight (NLOS) dengan akurasi tepat dan jangkauan 25 kilometer sementara lima lainnya akan dipersenjatai dengan meriam utama 30mm yang dipasang di Typhoon dan senapan mesin berat berkaliber 50.

Akuisisi FAIC-M ini adalah salah satu proyek tahun 2019 yang disetujui oleh mantan Presiden Rodrigo Duterte di bawah Program Horizon 2 dari Program Modernisasi AFP.

Pemberitahuan penghargaan untuk proyek FAIC-M, senilai sekitar PHP10 miliar, dikeluarkan pada 5 Januari tahun lalu. Ini diharapkan untuk menggantikan kekuatan patroli pembunuh menengah atau kapal patroli berukuran sedang.

Setelah pengiriman FAIC-M selesai, kapal-kapal ini dapat mencegat ancaman permukaan dan meluncurkan rudal non-line-of-sight dengan aman menggunakan daerah pesisir sekitarnya sebagai ruang manuver dan perlindungan.

Posting Komentar untuk "Merasa Puas, Filipina Ingin Tambah 15 Kapal Cepat Rudal Shaldag Buatan Israel"