Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prancis dan Jerman Capai Kesekapatan Untuk Bikin Pesawat 6G

Prancis dan Jerman pada hari Jumat memuji kesimpulan dari kesepakatan untuk membangun jet tempur baru Eropa setelah perselisihan berbulan-bulan antara dua perusahaan yang terlibat – Airbus dan Dassault Aviation.

Diluncurkan oleh Prancis dan Jerman pada tahun 2017 lalu disusul Spanyol, Future Combat Air System (FCAS) bertujuan untuk memiliki jet tempur masa depan (Teknologi 6G) yang beroperasi pada tahun 2040, bersama dengan armada drone terintegrasi.

Tetapi progresnya kemudian terggangu karena perebutan pembagian pekerjaan industri serta kekayaan intelektual untuk teknologi mutakhir, antara dua perusahaan dirgantara, Dassault dan Airbus.

“Setelah negosiasi yang intens, kesepakatan antara pabrikan telah tercapai untuk fase berikutnya dari program (FCAS),” kata kementerian pertahanan Jerman.

Airbus kemudian pada hari Jumat mengkonfirmasi kesepakatan itu setelah pembicaraan antara industri dan pemerintah.

“Sejumlah langkah formal sekarang harus diambil di masing-masing negara untuk memungkinkan penandatanganan kontrak yang cepat yang harus kami patuhi,” kata pembuat pesawat Eropa itu.

Pada Agustus 2021, ketiga negara menandatangani kesepakatan untuk menyuntikkan dana gabungan sebesar 3,6 miliar euro (sekitar $4 miliar) ke dalam tahap awal proyek, yang dikenal sebagai Fase 1B, untuk membangun apa yang disebut demonstran penerbangan mulai tahun 2025.

Tetapi kontrak tidak ditandatangani dengan Airbus dan Dassault, yang masing-masing mengawasi operasi Jerman dan Prancis.

Kantor presiden Prancis pada hari Jumat juga memuji kesimpulan dari kesepakatan tersebut.

“Kesepakatan politik tentang FCAS adalah langkah maju yang besar dan – terutama dalam konteks internasional saat ini – sinyal penting dari kerja sama yang sangat baik antara Prancis, Jerman, dan Spanyol,” katanya, menggemakan kementerian Jerman.

“Ini memperkuat kemampuan militer Eropa dan menjamin pengetahuan penting untuk industri kami dan, lebih luas lagi, untuk industri Eropa,” kata kantor presiden.

Perdana Menteri Prancis Elisabeth Borne akan bertemu dengan Kanselir Olaf Scholz di Jerman pada 25 November, kunjungan yang dapat membantu meningkatkan kerja sama pertahanan saat Eropa memikirkan kembali strategi militernya di tengah perang Rusia melawan Ukraina.

Proyek ini sempat diragukan kelanjutanya pada Maret tahun ini ketika Jerman mengumumkan kesepakatan untuk membeli 35 jet F-35 dari perusahaan AS Lockheed Martin. Pesawat-pesawat itu disertifikasi untuk membawa hulu ledak nuklir AS yang disimpan di Eropa sebagai bagian dari aliansi pertahanan NATO.

Saingan FCAS adalah proyek jet tempur tempur masa depan Inggris Tempest, yang mitranya adalah Italia dan Swedia dan telah mencapai tonggak sejarahnya sendiri pada bulan Juli ketika mengumumkan pra-prototipe yang akan terbang “dalam lima tahun ke depan”.

Posting Komentar untuk "Prancis dan Jerman Capai Kesekapatan Untuk Bikin Pesawat 6G"