Kapal Perang LPD Terbesar di ASEAN Milik AL Thailand

Angkatan Laut Kerajaan Thailand (RTN) baru-baru ini menyelenggarakan upacara di Shanghai untuk untuk peresmian kapal perang kelas LPD terbarunya dari China, setelah seremonial, kapal itu akan dikirim ke Thailand dan segera dioperasikan.

Kepala staf RTN Laksamana Thaloengsak Sirisawat memimpin upacara di Galangan Kapal Hudong-Zhonghua pada hari Rabu 4/01/2023, dikutip dari media Thailand The Nation.

Kapal kelas LPD (Landing Perform Dock) Tipe 071E akan diberi nama HTMS Chang oleh RTN, akan menjadi LPD ketiga di Thailand. Nama ini berasal dari sebuah pulau di provinsi Trat. Pesanan kapal tersebut dilakikan pada September 2019.

RTN memiliki strategi 20 tahun (2017-2036) untuk mendapatkan empat kapal kelas LPD yang akan digunakan dalam operasi seperti perang amfibi, penyelamatan laut, dan bantuan bencana.

HTMS Chang barupanjangnya 213 meter dan 28 meter di balok. Ini memiliki perpindahan maksimum 20.003 ton dan kecepatan tertinggi 25 knot. Kapal dapat mentolerir laut berombak dan dapat menampung 600 petugas. Dibangun dengan biaya 6,1 miliar baht ($180 juta), kapal tersebut akan ditugaskan oleh Armada Kerajaan Thailand di provinsi Chonburi, The Nation melaporkan.

Dikembangkan oleh Lembaga Riset No.708 di bawah China State Shipbuilding Corporation (CSSC) dan dibangun oleh Galangan Kapal Hudong-Zhonghua di Shanghai, dok anjungan pendaratan Tipe 071E menyelesaikan uji coba lautnya pada awal Desember 2022 , CSSC mengumumkan saat itu.

Posting Komentar untuk "Kapal Perang LPD Terbesar di ASEAN Milik AL Thailand"