Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serangan Laser Kapal China Membutakan Mata Penjaga Pantai Filipina

Insiden itu terjadi pekan lalu di dekat Kepulauan Spratly, ini merupakan eskalasi terbaru dalam ketegangan antara Cina dan Filipina di Laut Cina Selatan yang disengketakan. Coast Guard Filipina pada hari Senin menuduh Coast Guard China menyinari “sinar laser kelas militer” di salah satu kapalnya di Laut China Selatan yang disengketakan.

Manila mengatakan insiden itu menyebabkan sementara membutakan beberapa awak kapal Coast Guard mereka. Sementara Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan penjaga pantai melakukan tindakan sesuai hukum.

Coast Guard Filipina mengatakan kapal patrolinya sedang membawa pasokan logistik ke atas kapal BRP Sierra Madre Angkatan Laut yang berada di tengah laut, saat dalam melakukan misi tersebut kapal tersebut bertemu dengan kapal Coast Guard Cina.

Saat itu, kapal Cina melakukan menyorotkan laser hijau ke anjungan kapal Filipina, para pejabat Filipina juga menyebutkan menuduh kapal Cina melakukan manuver sangat berbahaya pada jarak 150 meter dari kapal Filipina.

Namun pernyataan Filipina dibantah China. Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa penjaga pantai mereka telah melakukan tindakan sesuai dengan hukum.

“Kami mendesak Filipina untuk menghindari tindakan seperti itu, dan tindakan staf China profesional dan terkendali,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin dalam pengarahan rutin.

Posting Komentar untuk "Serangan Laser Kapal China Membutakan Mata Penjaga Pantai Filipina"