Amerika Rayu India Dengan F-35 Agar Menanggalkan Pesawat Buatan Rusia

India adalah mitra sekaligus pelanggan dari pesawat tempur buatan Rusia. Nah untuk merayu agar negara hindustan itu mau memutuskan hubungan mesranya dengan Moskow, Amerika Serikat membawa jet tempur tercanggihnya, F-35, ke India untuk pertama kalinya minggu ini bersama F-16, Super Hornet, dan bomber B-1B.

India, yang sedang putus asa memodernisasi sebagian besar armada jet tempur era Soviet untuk meningkatkan kekuatan udaranya, prihatin dengan penundaan pasokan Rusia karena perang Ukraina dan menghadapi tekanan dari Barat untuk menjauhkan diri dari Moskow.

Delegasi Amerika ke pertunjukan Aero India selama seminggu di Bengaluru, yang berakhir pada hari Jumat, 17 Februari 2023, adalah yang terbesar dalam sejarah pertunjukan selama 27 tahun dan menggarisbawahi hubungan strategis yang berkembang antara Amerika Serikat dan India.

Proposal angkatan udara senilai $20 miliar untuk membeli 114 pesawat tempur multi-peran telah tertunda selama lima tahun, menjadi fokus tajam oleh ketegangan dengan China dan Pakistan.

F-35 tidak sedang dipertimbangkan oleh India “sampai sekarang”, menurut sumber Angkatan Udara India (IAF), tetapi tampilan dua F-35 di Aero India untuk pertama kalinya merupakan tanda pertumbuhan strategis bahwa New Delhi makin penting bagi Washington.

Posting Komentar untuk "Amerika Rayu India Dengan F-35 Agar Menanggalkan Pesawat Buatan Rusia"