Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AU Prancis Menerima Kiriman Pesawat Rafale F4.1 Varian Terbaru Paling Canggih

Angkatan Udara dan Luar Angkasa Prancis telah menerima jet tempur Rafale pertama yang paling canggih, setelah empat tahun pengembangan.

Pusat Peperangan Udara, yang terletak di pangkalan udara 118 di Prancis barat daya, dilaporkan menerima Rafale standar F4.1 pertama pada 2 Maret, sesuai press riliss Kementerian Pertahanan pada 7 Maret.

Pengembangan standar F4 dimulai pada 2019, ketika Menteri Angkatan Bersenjata saat itu Florence Parly menandatangani kontrak €2 miliar ($2,12 miliar) dengan pabrikan Dassault.

Pesawat itu awalnya adalah salah satu dari beberapa Rafale berstandar F3R yang dikirim awal tahun ini ke kantor pengadaan militer Prancis Direction Generale de l’Armement (DGA). Pesawat mengalami “transformasi perangkat lunak” dan dialihkan ke standar F4 di pusat uji penerbangan DGA di Istres, dekat Marseille, menurut rilis kementerian.

Pesawat F4 kedua diharapkan akan dikirimkan dalam beberapa minggu mendatang. Jet kemudian akan diintegrasikan ke dalam Fighter Wing ke-30 untuk memulai pelatihan dalam mengantisipasi keputusan Kemampuan Operasi Awal (IOC).

DGA Prancis memulai uji terbang untuk standar F4 pada April 2021, dan pesawat dijadwalkan tersedia penuh pada 2025.

Standar baru ini mencakup peningkatan kemampuan yang ada seperti radar AESA Thales dan pod penargetan Talios bersama dengan sistem peperangan elektronik dan rangkaian komunikasi Rafale.

Kemampuan baru untuk F4 termasuk Thales Scorpion Helmet Mounted Display, rudal udara-ke-udara MICA NG (Next-Generation) MBDA dan rudal AASM Hammer varian 1.000 kilogram.

Pesawat baru ini diharapkan berfungsi sebagai jembatan antara Rafale dan pesawat tempur generasi berikutnya Prancis yang sedang dikembangkan bersama Jerman dan Spanyol di bawah program Trinasional Future Combat Air System (FCAS), yang dijadwalkan akan diterjunkan sekitar tahun 2040.

Pengiriman pesawat standar F3R bulan Januari menandai Rafale pertama yang dikirim ke militer negara itu setelah jeda empat tahun. Anggaran pertahanan 2023 yang diusulkan Prancis, dirilis pada September 2022, mencakup pembelian 42 Rafale baru ini, termasuk 30 di bawah kontrak Tranche 5 yang akan datang.

Posting Komentar untuk "AU Prancis Menerima Kiriman Pesawat Rafale F4.1 Varian Terbaru Paling Canggih"