Israel Luncurkan Satelit Mata-mata Baru Untuk Memantau Iran dan Suriah

Kementerian Pertahanan meluncurkan satelit mata-mata terbaru Ofek-13 ke luar angkasa dari pangkalan Israel tengah, semalam 29/03/2023. Aset intelijen terbaru akan meningkatkan kemampuan angkatan bersenjata Israel Defens Force (IDF) dan agen rahasia Mossad untuk memantau aktor dan ancaman yang bermusuhan di Timur Tengah. Ini berarti total ada 6 satelit mata-mata yang dimiliki negara zionis tersebut.

Ofek-13 akan mengorbit bumi setiap 90 menit dan akan melewati Iran dan Suriah, kata Boaz Levy, CEO Israel Aerospace Industries. Satelit dan kamera yang sangat canggih memberi Israel kemampuan yang hanya dimiliki beberapa negara lain, katanya.

Israel sudah menggunakan kekuatan luar angkasanya untuk terus mencermati industri pertahanan dan program nuklir Iran, serta kekuatan musuh di Suriah dan negara timur tengah lainya. Ofek-13 akan meningkatkan cakupan regional Israel dan memberikan informasi yang lebih penting saat ketegangan perang meningkat.

Teknologi mutakhir satelit memungkinkannya menangkap gambar dalam kondisi cuaca apa pun, menembus awan, dan beroperasi dalam kegelapan, lapor Kan News.

Para pejabat pertahanan mengatakan bahwa peluncuran itu berhasil dan mereka sekarang sedang menguji satelit baru tersebut. Belum ada informasi kapan Ofek-13 akan beroperasi penuh.

Sumber-sumber pertahanan menambahkan bahwa satelit itu dapat bertahan di luar angkasa selama bertahun-tahun, kata Kan News. Ofek-13 akan dioperasikan oleh angkatan bersenjata Israel, Israel Defence Force/IDF Unit 9900 yang bertugas mengumpulkan data geo-intelijen.

Sebelum peluncuran, Israel mengalihkan lalu lintas udara komersial di atas negaranya ke utara selama beberapa jam.

Sampai saat ini, Israel telah menyebarkan enam satelit di luar angkasa untuk mememantau musuh-musuhnya di kawasan Timur Tengah. Satelit-satelit ini menghasilkan rekam intelijen tingkat tinggi dalam jumlah besar yang digunakan secara bersama oleh tentara IDF dan badan keamanan lainnya.

Israel bermaksud untuk meningkatkan kekuatan luar angkasanya secara signifikan dengan meluncurkan banyak satelit kecil dalam beberapa tahun. Pemerintah juga berencana untuk membangun industri luar angkasa Israel yang besar dengan memanfaatkan teknologi pertahanan lokal.

Posting Komentar untuk "Israel Luncurkan Satelit Mata-mata Baru Untuk Memantau Iran dan Suriah"