Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Malaysia Incar Kapal Korvet MILGEM Buatan Turki

Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Hasan akan berkunjung ke Turki untuk pengadaan Korvet MİLGEM untuk Angkatan Laut Malaysia.

Di bawah Program Pengadaan Littoral Mission Ship (LMS) Batch II Angkatan Laut Malaysia; Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Hasan akan mengunjungi Turki. Menurut informasi yang diperoleh; Menteri Pertahanan Hasan, sesuai dengan instruksi Perdana Menteri Malaysia Anwar İbrahim, akan berkunjung ke Turki untuk mengadakan pertemuan dengan otoritas Turki dan perwakilan sektor industri pertahanan.

Topik utama kunjungan tersebut adalah Program Littoral Mission Ship (LMS) Batch II yang digagas Angkatan Laut Malaysia untuk pengadaan kapal perang tipe Corvette. Dalam lingkup program, Malaysia menargetkan pengadaan 3 korvet pada tahap pertama dan 8 korvet pada tahap akhir. Anggaran yang dialokasikan untuk pengadaan 3 korvet dalam lingkup tahap pertama program adalah sekitar 530 juta dolar.

Menurut informasi yang diperoleh SavunmaSanayiST.com; Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Hasan juga menjamu Emir Salim Yüksel, Duta Besar Turki untuk Kuala Lumpur, di kantornya minggu ini. Dalam pertemuan tersebut dibahas hubungan industri pertahanan antara Turki dan Malaysia. Menurut informasi yang diterima dari sumber SavunmaSanayiST; Dalam rapat tersebut, Program LMS Batch II menjadi salah satu agenda utama.

Menurut informasi yang diperoleh; Malaysia akan melakukan pengadaan dalam format ‘Government to Government Agreement (G2G)’ di bawah Program LMS Batch II. Terakhir, perjanjian G2G di bidang ini ditandatangani antara Kepresidenan Industri Pertahanan dan otoritas Ukraina. Dalam lingkup perjanjian G2G ini, perusahaan STM dari Turki mengekspor lebih dari 1 MİLGEM Corvette ke Ukraina. Kegiatan pembuatan kapal saat ini sedang berlangsung. Di sisi lain, Pakistan menjadi pelanggan ekspor pertama Korvet MİLGEM sebagai hasil dari perjanjian G2G yang ditandatangani antara Kementerian Pertahanan Nasional dan Kementerian Pertahanan Pakistan.

Perusahaan asing yang berbeda juga bersaing dalam lingkup Program LMS Batch II.

Fitur LMS Batch II
Pengadaan korvet di bawah Program LMS Batch II; Direncanakan memiliki panjang 80 hingga 99 meter, sistem rudal permukaan-ke-permukaan, meriam baterai utama 76mm, senjata sekunder 30mm, dan rudal pertahanan udara.

Saat ini, ada 4 Korvet Kelas MİLGEM ADA dalam persediaan Angkatan Laut Turki. Kegiatan konstruksi 4 korvet untuk Pakistan dan lebih dari satu untuk Ukraina terus berlanjut. Selain itu, Fregat Kelas MİLGEM İSTİF, yang dikembangkan berdasarkan desain Korvet Kelas MİLGEM ADA, direncanakan akan dikirim ke Angkatan Laut Turki tahun ini. Kegiatan konstruksi untuk 3 Frigat Kelas STIF tambahan akan dimulai tahun ini.

Posting Komentar untuk "Malaysia Incar Kapal Korvet MILGEM Buatan Turki"