Pindad Luncurkan Senapan Serbu Terbaru Bernama AM1

Produsen senjata dalam negeri PT. Pindad dilaporkan telah meluncurkan senapan baru bernama AM1. Menarik untuk disimak karena senapan ini meninggalkan ciri dari senapan serbu otomatis buatan Pindad sebelumnya yaitu SS1 dan SS2. Sennapan serbu terbarunya yang sepintas mirip dengan senapan serbu besutan Jerman, Heckler & Koch (H&K) HK416

Dikutip dari laman resmi pindad.com, PT Pindad pada bulan Januari lalu menyelenggarakan demo uji coba alat bidik baru sekaligus memperkenalkan senjata terbaru mereka yaitu Pindad AM1.

Dalam kegiatan ini, Pindad bekerjasama dengan perusahaan alat bidik optik asal Korea Selatan yaitu EOS-T. Beberapa alat bidik yang diuji adalah Red Dot Sight, Laser Aiming Device, Magnifier, dan teleskop bidik.

AM-1 merupakan senapan serbu kaliber 5.56 x 45 mm NATO dengan prinsip kerja Gas Operated & Piston. Senapan ini memiliki Panjang laras 14,5 Inchi dilengkapi dengan popor teleskopik yang bisa direntangkan ke belakang (ditarik). Senapan serbu ini memiliki panjang total 881 mm pada keadaan popor terentang penuh dan 797 mm pada kondisi popor posisi normal. Sedangkan bobot senapan AM-1 adalah 3,25 kg, tergolong ringan dan memudahkan pengguna untuk mobilisasi dan mengoperasikan senjata.

Dari segi desain, AM-1 menggunakan aim lock pada bagian hand guard untuk pengaplikasian aksesoris dan alat optic tambahan. Selain itu, AM-1 memiliki vertical grip untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan senapan serbu ini.

Salah satu keunikan dalam senjata ini ialah penggunaan tabung popor teleskopik sehingga pengguna dapat mengatur panjang pendek ukuran popor.

Dengan panjang total 881mm, dan berbobot 3,25 kilogram, AM1 juga diberi tambahan aksesoris vertical grip.

Aksesoris ini mampu menambah kenyamanan pengguna sehingga lebih taktis ketika digunakan.

Kelebihan lain yang terdapat pada AM1 adalah penggunaan rail system sehingga memudahkan penggunanya untuk mengaplikasikan berbagai plattform tambahan seperti alat bidik visir maupun optik.

Posting Komentar untuk "Pindad Luncurkan Senapan Serbu Terbaru Bernama AM1"