Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shimakaze, Impian Jepang Tentang Kapal Destroyer Super

Destroyer kelas “Super” Shimakaze merupakan sebuah rencana ambisius Angkatan Laut Kekaisaran Jepang di pertengahan perang pasifik, dimana tujuannya memproduksi masal kapal destroyer yang didasarkan dari kapal eksperimental Shimakaze sebelumnya. IJN sendiri menyebut proyek ini dengan “V6”, dimana “Super” Shimakaze ini merupakan versi yang diperpanjang dari kapal destroyer kelas Yagumo sebelumnya dan akan dibangun sebanyak 19 unit.

Kapal V6 ini akan membawa tropedo paling banyak dari kapal destroyer manapun saat itu, tetapi mereka tidak bisa mengisi ulang torpedo. Terdapat 15 tropedo tubes yang di isi Type 93 610mm “Long Lance”, kapal V6 mampu menenggelamkan kapal kelas berat sekalipun diatas kertas. Selain torpedonya sebagai andalan, V6 benar benar salah satu kapal destroyer paling cepat di dunia, dimana mereka memiliki 3 boiler dengan mesin uap bertekanan sangat tinggi dan suhu sangat panas.

Dalam sebuah sea trials kapal eksperimental Shimakaze mampu melaju hingga 40,9 knot, dan bisa menghasilkan 79.240shp. Meski direncanakan akan di produksi pada tahun 1942, namun akibat kekalahan IJN di Midway membuat mereka lebih fokus mengalihkan sumber dayanya untuk kapal induk dan meninggalkan proyek V6.

Sumber: IG Mightywar

Posting Komentar untuk "Shimakaze, Impian Jepang Tentang Kapal Destroyer Super"