Terlilit Hutang, Pakistan Siap Kirim 44 Tank Ke Ukraina Asalkan Eropa Mau Bantu Keuangan Negara

Menurut informasi yang di publikasikan oleh media sosial Rusia VK pada 10 Maret 2023, dengan mengutip media lokal Pakistan, negara itu berencana untuk mentransfer 44 tank T-80UD ke Ukraina dengan imbalan bantuan finansial dari negara negara Barat.

Sebelumnya, Pakistan sedari awal memang menyatakan dukungan terhadap Ukraina dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk membantu mereka yang terkena dampak invasi Rusia ke Ukraina pada tahun 2022. Bantuan dikirim menggunakan pesawat angkut C-130 Hercules milik Angkatan Udara Pakistan (PAF) yang mendarat di Polandia.

Pakistan juga akan mengirimkan amunisi artileri kaliber 155mm, M4A4 propelling bag charges dan masih banyak lagi ke Ukraina. Hubungan kedua negara memang tergolong sangat dekat, periode 1991-2020 saja Ukraina memasok persenjataan ke Pakistan mencapai nilai $1,6 Miliar. Per tahun 2022 aja, Ukraina dan Pakistan sepakat untuk mengoptimalkan hubungan militer, khususnya di bidang produksi pertahanan, pelatihan personel, kegiatan kontraterorisme dan intelijen. Terbaru, Pakistan bersedia menawarkan 44 unit MBT T-80UD ke Ukraina dengan imbalan bantuan keuangan dari Barat.

Saat ini, Angkatan Darat Pakistan setidaknya mengoprasikan hampir 2.500 unit tank berbagai jenis, diangaranya 315 unit T-80UD. Tank ini memakai mesin disel seperti singkatannya UD (Ukraine Diesel). Selama 2022-2023, Pakistan mengalami krisis ekonomi dan politik, dalam 2 tahun terakhir terjadi kenaikan bahan makanan, gas dan minyak di negara itu. Selain karena faktor perang Ukraina-Rusia dan inflasi, ekonomi Pakistan semakin di pukul dengan devisanya yang yang cukup untuk mendanai impor yang dikonsumsi negara itu. Sehingga Pakistan sangat membutuhkan bantuan keuangan dari asing, terutama Barat dengan imbalan mengirimkan sejumlah tank mereka ke Ukraina.

Posting Komentar untuk "Terlilit Hutang, Pakistan Siap Kirim 44 Tank Ke Ukraina Asalkan Eropa Mau Bantu Keuangan Negara"