XCT 2023 : Latihan Bersama Thailand, Singapura dan Amerika Serikat

Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) berpartisipasi dalam Trilateral Exercise Cope Tiger (XCT) 2023, bersama Angkatan Udara Kerajaan Thailand (RTAF) dan Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) di Pangkalan Udara Korat di Thailand. Diadakan dari tanggal 14 hingga 30 Maret 2023, edisi tahun ini menandai iterasi ke-27 dari latihan besar yang melibatkan sekitar 70 aset dan lebih dari 2000 personel di ketiga negara tersebut.

A Republic of Singapore Air Force (RSAF) A330 Multi-Role Tanker Transport melakukan pengisian bahan bakar di udara ke pesawat tempur RSAF, RTAF dan USAF (foto : RTAF)

RSAF telah mengerahkan delapan pesawat tempur F-15SG, empat F-16C/D dan delapan F-16D+, satu pesawat G550 Airborne Early Warning, satu A330 Multi-Role Tanker Transport, satu helikopter CH-47SD dan satu CH-47F, dua Kendaraan Udara Tak Berawak Heron 1, sembilan sistem Pertahanan Udara Berbasis Darat dan sekitar 700 personel berpartisipasi dalam latihan tersebut. Ini adalah partisipasi perdana CH-47F dalam latihan tersebut. Peserta latihan akan terlibat dalam pertahanan udara skala besar dan misi penyerangan dalam lingkungan yang realistis dan menantang, memungkinkan mereka mengasah dan mempertajam kompetensi operasional mereka.

Mengomentari pentingnya latihan ini, Direktur Latihan RSAF, Kolonel Maxmillion Goh berkata, “XCT memberikan kesempatan yang sangat baik bagi kami untuk berlatih bersama rekan-rekan kami dari Thailand dan Amerika Serikat. Keberhasilan pelaksanaan latihan ini selama bertahun-tahun telah meningkatkan hubungan timbal balik kita.” kerja sama dan pengertian, dan menjadi bukti hubungan pertahanan yang erat dan erat yang kami miliki dengan mitra angkatan udara Thailand dan Amerika Serikat.Pelaksanaan rutin latihan tempur udara trilateral skala besar ini menawarkan kesempatan pelatihan yang sangat baik bagi penerbang dan wanita kami. Ini mengasah kemampuan kami untuk merencanakan dan melaksanakan operasi pertempuran udara skala besar yang realistis untuk misi pertahanan udara dan penyerangan, sehingga kami tetap siap secara operasional dan mampu menjaga langit Singapura 24/7.”

Selain kegiatan pelatihan tersebut, personel dan aset dari ketiga angkatan udara memasang tampilan statis XCT Open Day untuk anggota masyarakat setempat. Peserta latihan juga akan berpartisipasi dalam program sosial-kemasyarakatan bersama untuk melibatkan sekolah dan komunitas lokal di sekitar Korat Air Base dan Chandy Range.

Kepala Angkatan Udara Singapura, Mayor Jenderal Kelvin Khong, Panglima Angkatan Udara RTAF Marsekal Alongkorn Vannarot dan Asisten Mobilisasi untuk Panglima Angkatan Udara Pasifik Mayor Jenderal Erich Novak akan meresmikan upacara penutupan pada 31 Maret .

Dilakukan sejak tahun 1994, XCT berusaha untuk meningkatkan profesionalisme dan kerja sama di antara pasukan yang berpartisipasi, dan mempromosikan hubungan yang lebih erat dan saling pengertian di antara personel mereka.

Posting Komentar untuk "XCT 2023 : Latihan Bersama Thailand, Singapura dan Amerika Serikat"