Polandia Tagih Janji Tukar Guling Pesawat Tempur Dari Inggris

Pada pertengahan bulan lalu, Polandia menyetujui pengiriman 30 pesawat tempur MiG-29 ke Ukraina, sebagai gantinya, pihak NATO menjanjikan ganti pesawat teknologi barat. Belakangan obyek yang dijanjikan adalah pesawat Eurofighter Typhoon Eropa dari Inggris

Tapi masalahnya, ternyata pihak Inggris sendiri belum sepakat akan memberikan pesawat bekas tersebut ke Warsawa. Berdasarkan pernyataan anggota Parlemen Partai Buruh Inggris, Kevan Jones, mengatakan bahwa pembahasan Eurofighter Typhoon Tranche 1 untuk Polandia belum di diskusikan. Inggris sendiri menyambut baik keputusan Polandia untuk menyediakan Angkatan Udara Ukraina dengan jet MiG-29 era Soviet.

RAF Inggris sendiri memiliki 30 unit Typhoon Tranche 1 yang akan memasuki masa pensiun pada tahun 2025 mendatang.

Typhoon adalah pesawat tempur multiperan bermesin kembar dan bersayap delta kanard yang berasal dari Eropa.Typhoon pada mulanya dirancang sebagai pesawat tempur superioritas udara dan dibangun oleh konsorsium Airbus, BAE Systems, dan Leonardo yang menjalankan sebagian besar projek ini melalui perusahaan induk bersama, bernama Eurofighter GmbH.

Posting Komentar untuk "Polandia Tagih Janji Tukar Guling Pesawat Tempur Dari Inggris"